Camat Hasan Nasiruddin Membuka Lokakarya Mini Lintas Sektor Tahun 2023 di UPT Puskesmas Singkawang Tengah 1

by -898 views
lokakarya mini di puskesmas singkawang tengah 1
Camat Hasan Nasiruddin membuka Lokakarya Mini Lintas Sektor Tahun 2023 di UPT Puskesmas Singkawang Tengah I, Selasa (24/10). Foto: Reaktifnews

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Camat Singkawang Tengah Hasan Nasiruddin, SH., membuka Lokakarya Mini Lintas sektor semester III (tiga) tahun 2023 di aula Puskesmas Singkawang Tengah I Jalan Salam Diman, Kelurahan Condong Singkawang Tengah, Selasa (24/10/2023)

Kegiatan dihadiri oleh semua Lurah sekecamatan Singkawang Tengah, termasuk diantaranya Kepala UPT Puskesmas Singkawang Tengah I dr. Yuliani, Kabid Yankes Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang Uray Berry mewakili Kepala Dinkes KB Singkawang serta Tim Pengerak PKK dan tidak lupa pula dihadiri para undangan Lintas Sektor lainnya.

Camat Singkawang Tengah Hasan Nasiruddin mengatakan Sesuai Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas, Manajemen Puskesmas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergik yang meliputi perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian. Penerapan manajemen penggerakan pelaksanaan dalam bentuk forum pertemuan yang dikenal dengan Lokakarya Mini tersebut nantinya harus berlanjut hingga rencana aksi sebagaimana yang sebelumnya juga telah dilaksanakan.

“Saya mengajak segenap pihak melalui pertemuan ini untuk menyatukan komitmen bersama mendukung program kesehatan sekaligus dukungan kepada puskesmas dalam melaksanakan tugasnya sebagai salah satu peyelenggara layanan kesehatan,” tutur Hasan.

Kepada para bapak ibu lurah juga saya harap hal ini ditindaklanjuti. Termasuk melakukan monitoring saat imunisasi JE tempo hari, hal-hal seperti edukasi kepada warga harus terus disampaikan,” sambungnya.

Hasan juga menyinggung permasalahan stunting khususnya di wilayah Kecamatan Singkawang Tengah yang masih menjadi momok pemerintah. Ia juga berharap kolaborasi segenap pihak termasuk diantaranya bersama pihak Puskesmas harus terus dilakukan guna menekan kasus stunting di Kecamatan Singkawang Tengah.

“Kami di kecamatan Singkawang Tengah berencana akan lounching puding daun kelor dan ini merupakan sebuah karya yang mengadopsi daerah yang telah berhasil dalam rangka pencegahan stunting,” ujar Hasan yang juga Ketua IKAMA Singkawang dengan logat khasnya.

“Walaupun kita minim pelor tapi saya rasa kita bisa bikin puding daun kelor yang berkhasiat ini sebagai salah satu upaya asupan gizi untuk cegah dan upaya penanganan agar anak tidak stunting,” lugas Camat Singkawang Tengah ini

Ditempat yang sama Kepala UPT Puskesmas Singkawang Tengah I dr. Yuliani menyampaikan kepada tamu Undangan bahwa Lokakarya Mini Puskesmas adalah untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan yang berdasarkan Permenkes nomor 44 tahun 2016 tentang pedoman Manajemen Puskesmas. Maka Dinas Kesehatan dan KB Singkawang diharapkan juga dapat memberikan bimbingan dan pendampingan pada pelaksanaan Mini Lokakarya yang diselenggarakan oleh puskesmas.

“Dengan lokakarya lintas sektor ini diharapkan mendapat dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat”, pungkas Yuliani. (Top)

No More Posts Available.

No more pages to load.