Coffe Morning, Forkopimcam Singkawang Selatan dan BNN Jalin Silaturahmi

by -593 views
Coffe Morning Forkopimcam Kecamatan Singkawang Selatan.
Coffe Morning: Forkopimcam di wilayah Kecamatan Singkawang Selatan dan BNN jalin silaturahmi. (Foto: Topan/RN)

SINGKAWANG, REAKTIFNEWS.COM — Guna mengeratkan hubungan kerjasama, Pemerintah Kecamatan Singkawang Selatan mengadakan Coffee Morning bersama Forkopimcam di warung kopi simpang Jalan Pertanian, Kelurahan Sijangkung yang dihadiri langsung oleh Camat Singkawang Selatan Apriyanto, S.Sos.

Sinergitas ini turut melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Singkawang yang juga dihadiri Kepala BNN Singkawang, Kompol. Toto Budi Suprapto, berikut Polsek Singkawang Selatan, Danramil 1202-08 Singkawang Selatan, Jumat (13/01/2023).

Dalam diskusi yang dipandu oleh Lurah Sijangkung Kristiana Yuniarti, S.H., topik bahasan meliputi upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN) di Kota Singkawang termasuk turut menghimpun saran dari ketua RT se-Kelurahan Sijangkung, tokoh masyarakat, ketua LPM serta Karang Taruna Sijangkung.

Camat Singkawang Selatan Apriyanto mengatakan kepada reaktifnews.com bahwa program P4GN tidak hanya satu sektor saja, melainkan tugas bersama.

“Pemberantasan ini tidak hanya tugas BNN saja, tapi tugas kita semua. Kita harus menyamakan persepsi seperti apa pentingnya P4GN. Tadi kita dengar paparan dari BNN, dan yang menjadi korban itu banyak anak-anak remaja, rata-rata usia muda. Jika tidak ada penjagaan, tidak mempersempit ruang gerak ini, maka ini akan kewalahan,” kata Apriyanto.

Komitmen Pemerintah Kecamatan Singkawang Selatan juga sebelumnya sudah kerap melakukan aksi nyata untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan Narkoba sejak dini, selain melalui kegiatan Goes to School yang telah dilakukan sejak 2022 lalu, salah satu materi atau sosialiasi yang disampaikan yaitu mengenai bahaya dan pencegahan peredaran Narkoba hingga soal pencegahan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar (stunting).

“Kita roadshow melalui kegiatan Forkopimcam Goes to School, salah satu agendanya adalah sosialisasi tentang bahaya Narkoba. Untuk itu kami juga minta kita bisa terus berkolaborasi menyosialisasikan bahaya Narkoba ini agar lebih masif sehingga masyarakat teredukasi dengan baik, termasuk soal pencegahan stunting,” jelas Camat Apriyanto.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Singkawang Toto Budi Suprapto pada diskusi tersebut mengatakan, kerjasama antar sektor baik kecamatan, kelurahan, dan kota menjadi penting dalam program-program P4GN di Kota Singkawang.

“Persolan adiksi ini bisa saja ada di lingkungan kita yang tidak kita sadari. Yang terpenting adalah sinergi antar stakeholder yang terkait di daerah. Ini artinya permasalahan narkoba adalah tanggung jawab kita bersama bukan hanya BNN ataupun pemerintah saja,” ujar Toto.

Hal sama disampaikan Lurah Sijangkung, Kristiana sebelum menutup acara menuturkan bahwa implementasi dari diskusi hari ini yaitu melalui aksi nyata di lapangan sehingga P4GN maupun program di Kelurahan bisa menyentuh dan outputnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Saya mengajak seluruh RT, RW, dan anggota kemasyarakatan lainnya untuk masif lakukan sosialisasi, melakukan pembinaan bersifat keolahragaan dan rohani agar bisa terhindar dari Narkoba,” tandasnya. (Top/Reaktifnews.com)

 

Editor|Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.