Hari Ibu 2023: Tema Resmi dan Sejarah Singkatnya

by -1,590 views
peringatan hari ibu 2023 di singkawang
Lomba paduan suara kader PKK se-Kota Singkawang, Rabu (6/12) di Rumah Dinas Wali Kota dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-95 pada 22 Desember 2023 mendatang. Foto: reaktifnews.com

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Hari Ibu diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Desember di Indonesia. Tahun 2023 ini merupakan peringatan Hari Ibu yang ke-95 tahun.

Dalam rangka peringatan Hari Ibu ini, Kader PKK se-Kota Singkawang telah mengagendakan serangkaian acara. Adapun kegiatan dimulai dari kegiatan Lomba Paduan Suara di rumah dinas Wali Kota Singkawang.

Nah, bagi yang ingin turut merayakan Hari Ibu 2023, berikut ini tema resmi dan sejarahnya.

Yuk disimak!

Tema Hari Ibu 2023

KemenPPA mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” dalam peringatan Hari Ibu yang ke-95 tahun ini. Selain tema utama tersebut, ada juga 4 sub tema Peringatan Hari Ibu 2023, yaitu:

  • Perempuan Bersuara
  • Perempuan Berdaya dan Berkarya
  • Perempuan Peduli
  • Perempuan dan Revolusi

Keempat sub tema ini diambil untuk membingkai semangat dan gerakan perempuan melalui serangkaian kegiatan peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023.(1)

Sejarah Singkat Hari Ibu

Peringatan Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember mengacu pada momentum pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Kongres ini dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perempuan Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Kongres ini menghasilkan Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita (Kowani).

Para pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah bersama-sama berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan. Mereka juga membahas soal aspek pembangunan bangsa, perdagangan anak-anak dan kaum perempuan, hingga perbaikan gizi dan kesehatan ibu dan balita hingga pernikahan usia dini.

Hari Ibu kemudian diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Selanjutnya, tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu melalui Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959.

Referensi:

1. YouTube KemenPPPA

(top/yud)

No More Posts Available.

No more pages to load.