Hore! Pemenang Tender Rp 6,5 M Sudah Ditetapkan, Jalan Tani Singkawang Bakal Kinclong

by -939 views
jalan tani singkawang.
Jalan Tani (SMP VII) Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang. (Foto: Heru/Reaktifnews.com)

Singkawang, REAKTIFNEWS.com

Pemerintah melalui Dinas PUPR Singkawang memastikan perbaikan Jalan Tani (SMP VII) di Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang. Alokasi yang dianggarkan pun bersumber dari APBD tahun anggaran 2023 yang mencapai Rp 6,5 miliar, Sabtu (6/5/2023).

Arfani selaku PPK sekaligus Kabid Bina Marga dan Jasa Konstruksi PUPR Kota Singkawang menyebut secara ringkas tahapan pekerjaan tersebut miliputi pekerjaan galian. “Penggalian biasa dengan excavator mini. Material hasil galian dituang ke dump truck dan membuang material hasil galian keluar lokasi dan sekelompok pekerja akan merapikan hasil galian,” jelas Arfani.

Demikian halnya pekerjaan timbunan. Daerah yang akan diurug sebelumnya dibersihkan dari segala bahan organik dan material yang sudah didrop ke lokasi pekerjaan dihampar secara manual.

“Timbunan biasa material tanah datang, dipadatkan menggunakan tamper. Selama pemadatan, kadar air optimum dijaga,” terangnya.

Untuk timbunan pasir alas beton, material pasir selain diratakan dengan tenaga manusia juga turut disiram dengan mesin air. Sekelompok pekerja turut merapikan tepi dan level permukaan dengan menggunakan alat bantu.

Termasuk diantaranya nanti pekerjaan pemotongan pohon pilihan meliputi diameter lebih dari 30-50 cm. “Pemotongan menggunakan alat chainsaw, kampak dan parang. Penggalian akar pohon berikut muat ke dump truck menggunakan tenaga manusia untuk membuang material tersebut ke luar lokasi pekerjaan,” urainya.

Arfani juga menyebut pekerjaan lapis pondasi nantinya kelas A berikut lapis pondasi bawah menggunakan beton kurus K-175 (readymix).

“Usai penyelesaian dan perapihan setelah pengecoran dilanjutkan pekerjaan lapis resap dengan penyemprotan aspal emulsi distributor,” jelas Arfani.

Demikian pula selanjutnya turut dilakukan pekerjaan lapis perekat, laston lapis antara (AC-BC), fondasi dan pemasangan cerucuk ukuran 6/8 cm, pemasangan batu, rambu jalan tunggal dan ganda dengan permukaan turut dilengkapi pemantul engineering grade.

“Pelat dan tiang rambu di lokasi nanti dipasang pada tempat yang telah ditentukan,” pungkas Arfani. (Topan/RN)

Response (1)

  1. Minta tolong pengawasan dr dinas dan konsultan pengawas di setiap saat j
    Apalagi waktu pengecoran … Masih ada air kok di cor apa bisa dapat kualias k175

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.