IKAMA Singkawang Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal, Hasan Ajak Warga Madura Berkhidmat Bersama

by -809 views
hasan nasiruddin saat memberikan sambutan
Ketua Ikatan Keluarga Madura (IKAMA) Singkawang Hasan Nasiruddin saat memberikan sambutan di acara silaturahmi dan halal bihalal yang berlangsung di Suarau Al-Mujahid, Jalan Pahlawan, Kelurahan Roban, Singkawang. (Istimewa/ reaktifnews.com)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Ikatan Keluarga Madura (IKAMA) Kota Singkawang, Minggu (5/5/2024) menggelar silaturahmi sekaligus halal bihalal yang dihadiri Ketua IKAMA Singkawang Hasan Nasiruddin S.H., dan puluhan pengurus serta para tokoh Madura Singkawang diantaranya KH. Husin Ahmad selaku Pembina IKAMA Singkawang juga turut serta memberikan arahannya.

Dalam sambutannya, Hasan Nasiruddin mengatakan, bahwa halal bihalal merupakan ritual yang lahir dari budaya.

“Halalbihalal Idulfitri merupakah ritual keagamaan yang lahir dari budaya. Kalau di dalam ajaran agama yang asli, dulu zaman Nabi tidak ada halalbihalal Idulfitri. Tetapi ketika Islam masuk ke Indonesia, dikemas budaya, dan budaya itu kemudian menjadi budaya Islam Indonesia, dan menjadi budaya bangsa,” kata Hasan.

Selain itu dirinya menyampaikan, Idul fitri merupakan wahana atau tempat untuk menyegarkan kembali hubungan kerja. Dijelaskan, silaturahim memiliki arti hubungan yang baik dan saling berhubungan atau networking.

“Senyampang kita bertemu, mari kita hilangkan ganjalan-ganjalan yang ada selama ini di antara kita. Makanya agama mengajarkan silaturahim itu membuat kamu sehat dan membuat kamu banyak rezeki,” kata Hasan Nasiruddin.

Hasan juga menyinggung hal penting lainnya yakni soal memasuki tahun politik yakni Pilkada serentak 2024.

“Kita ini memasuki tahun politik setelah selesai pemilu presiden, legislatif, dan selanjutnya pilkada. Jangan sampai kita berharap terjadi perpecahan,” katanya.

Hasan juga menyampaikan harapan khususnya kepada segenap pengurus IKAMA Singkawang dan masyarakat Madura Kota Singkawang merupakan potret masyarakat yang gigih, dimanapun mereka berada dan pada sektor apapun tempat mereka bekerja. Karenanya, pengurus dan masyarakat Madura Singkawang umumnya harus selalu ikut andil dalam pembangunan. Tak terkecuali pembangunan di bidang ekonomi maupun politik.

“Orang Madura dimanapun terbukti memberi kontribusi nyata dalam berbagai sektor. Intinya semua diminta harus tetap kompak. Mari kita terus berkhidmat bersama,” pungkas Hasan pada acara yang berlangsung di Suarau Al-Mujahid, Jalan Pahlawan, Kelurahan Roban tersebut. (TIM-RN)

Sumber : Reaktifnews.com
Penulis : Riska
Editor : Topan

No More Posts Available.

No more pages to load.