Ilmu Sekilo Akhlak Dua Kilo: Mujahidah Dina Kamalia, Satu-satunya Santri Asal Kalbar Lolos Seleksi Administrasi Beasiswa Maroko

by -1,305 views
ponpes al jihad pontianak kalbar
Flyer santri di Lembaga Pengembangan Islam (LPI) Al-Jihad Pontianak. (Grafis: Reaktifnews/Asri)

REAKTIFNEWS.COM – Mujahidah Dina Kamalia yang saat ini merupakan seorang santri berprestasi di Pondok Pesantren Islam Al-Jihad Pontianak yang dikenal memiliki motto “Ilmu Sekilo Akhlak Dua Kilo” di Jalan Komyos Sudarso, Gang Suka Maju Dalam 3, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Pontianak Kalimantan Barat, dikabarkan menjadi satu-satunya santri asal Kalbar yang berhasil lolos seleksi tahap administrasi beasiswa ke Maroko.

Kabar menggembirakan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Nomor: 081/A.I/RMI-PBNU/SK/V/2024 tertanggal 29 Mei 2024/21 Dzulqaidah 1445 H yang ditandatangani oleh Ketua RMI PBNU KH Hodri Ariev dan Sekretaris RMI PBNU Hindun Anisah.

Mujahidah Dina Kamalia juga merupakan satu dari 176 peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas dari total 460 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia yang sebelumnya telah mengikuti seleksi administrasi beasiswa ke Maroko tersebut.

“Dari total 460 pendaftar, 176 lolos seleksi,” kata Ketua RMI PBNU, Kiai Hodri dalam keterangannya, Rabu (29/5/2024).

Selanjutnya, peserta lolos seleksi berkas berhak mengikuti tes lisan dan wawancara tahap pertama. Peserta terlebih dahulu dijadwalkan mengikuti technical meeting tes lisan dan wawancara secara virtual via Zoom pada Jumat, 31 Mei 2024 pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya tes lisan dan wawancara tahap 1 program beasiswa PBNU-Maroko akan dilaksanakan secara daring (online) pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Adapun materi yang diujikan pada seleksi lisan dan wawancara meliputi hafalan Al-Qur’an, kitab kuning dan bahasa Arab, serta pengetahuan Ahlussunnah wal Jama’ah Annahdliyah.

Hasil tes wawancara akan diumumkan paling lambat pada hari Ahad, 9 Juni 2024, untuk selanjutnya akan dilakukan pemberkasan peserta yang lolos tahap tes seleksi ke Maroko. Berikutnya, peserta lolos akan mengikuti program inkubasi pada Juli-Agustus 2024 sebagai persiapan ujian muqobalah oleh Wizarotul Awqaf.

Peserta yang dinyatakan lolos dianjurkan mengecek surat elektronik (surel/email) yang digunakan pada saat pendaftaran. Email tersebut akan memuat tautan untuk bergabung ke dalam grup WhatsApp.

“Selamat kepada para peserta lolos seleksi administrasi program beasiswa Ta’lim Atiq PBNU-Maroko 2024,” ucap Muhammad Iqbal, PIC Beasiswa PBNU-Maroko.

Untuk informasi lengkapnya, calon peserta lolos beasiswa bisa menghubungi narahubung di nomor berikut: +62 852-8045-1421. (TIM/RN)

Editor: Topan
Sumber: Reaktifnews/PBNU

No More Posts Available.

No more pages to load.