Ini Arti dan Makna Logo HUT ke-78 RI

by -1,617 views
Makna logo HUT ke-78 RI
Ilustrasi.

Singkawang, REAKTIFNEWS.com

Arti dan makna logo HUT ke-78 RI ternyata sangat mendalam. Logo untuk Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia ini memiliki makna serta filosofi yang berkaitan dengan sila-sila Pancasila.

Arti Makna Logo HUT RI Ke-78

Logo HUT ke-78 RI adalah angka 78 dengan perpaduan warna merah solid pada angka 7 dan ada lima garis berwarna merah pada angka 8. Logo yang satu ini sesuai dengan tema yang dibawa, yaitu “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” dengan harapan dapat melanjutkan pembangunan menggunakan semangat estafet.

Makna logo HUT RI ke-78 jika berada dalam karakter visual menyiratkan rasa lugas, tegas, stabil serta merefleksikan gelora semangat perjuangan bangsa Indonesia. Logo ini juga melambangkan gotong royong, harmoni dan sifat tanggung jawab bersama sebagai upaya untuk memajukan kesejahteraan rakyat.

Berikut ini adalah rincian makna yang ada dalam setiap elemen pada logo HUT ke-78 RI.

1. Estafet

Garis padat horizontal yang melambangkan tongkat estafet yang selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju.

2. Terus Melaju

Terus melaju dilambangkan dengan angka 7 berbentuk arah panah ke atas yang bermakna bergerak maju dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.

3. Tanggung Jawab Bersama

Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika).

4. Pancasila

Makna Pancasila sendiri terbentuk dari 5 garis melengkung yang melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju.

5. Keberlanjutan

Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus yang bermakna keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti. Hal itu dilakukan dengan cara melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju.

6. Globalisasi

Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 yang merepresentasikan pola pikir global. Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

(red/RN)

No More Posts Available.

No more pages to load.