Ini Bukan Korea Tapi Kalimalang Bekasi yang Instagramable, Sungai Singkawang?

by -1,100 views
perbandingan sungai kalimalang di bekasi dan sungai di kota singkawang.
Foto : Sungai Kalimalang di Bekasi (atas) dan sungai di Kota Singkawang (bawah), Jumat (20/10/2023). Doc. Reaktifnews

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Belakangan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia terus didorong agar giat melakukan penataan dan pengembangan kawasan sungai di daerah masing-masing.

Termasuk soal permukiman di kawasan tepi sungai, terutama yang berada di perkotaan masih memerlukan perhatian yang lebih serius. Permukiman di kawasan ini umumnya identik dengan hunian yang padat, sarana sanitasi dan sumber air bersih yang terbatas, akses dan sarana jalan yang tidak memadai, hingga status tanah yang bermasalah.

Beragam kompleksitas persoalan kawasan tepi sungai perkotaan tersebut jika tidak ditangani niscaya bakal menghadirkan kawasan yang kumuh (slum).

Alasan ini pula yang membuat Kota Bekasi kemudian berbenah. Salah satu yang dipercantik ialah Kalimalang. Penataan Kalimalang bertujuan untuk memberikan ruang publik dengan harapan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap fungsi dan kelestarian sumber daya air.

Saluran air di Kota Bekasi tersebut menjadi wisata air yang diklaim mirip Sungai Cheonggyecheon di Kota Seoul, Korea Selatan.

Dulu, Kalimalang hanya sekedar dilirik sambil lewat. Sekarang bisa dinikmati, khususnya sore sampai malam hari. Bagaimana dengan Sungai Singkawang? (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.