Jalan dan Gang Mulus di Singkawang Masih Banyak Gelap Gulita

by -1,872 views
PJU dan PJG di Singkawang masih minim.
Salah satu kawasan padat penduduk di Sedau, Singkawang Selatan yang masih minim PJU dan PJG. (Foto: Dok. Wahyudi)

Singkawang, REAKTIFNEWS.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang diminta memperhatikan dan menambah penerangan jalan di wilayahnya. Sebab, masih banyak jalan lingkungan dan jalan gang di Kota Singkawang yang masih minim penerangan alias gelap gulita, lantaran belum terpasang penerangan oleh pemerintah. Padahal, beberapa ruas jalan maupun gang tersebut kondisinya sudah lebih baik saat ini.

Bahkan menurut pantauan Reaktifnews beberapa ruas jalan yang kondisinya sekarang mulus yang dibangun melalui pinjaman daerah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagian besar masih gelap gulita.

Beberapa ruas jalan tersebut yang dirasa sangat memerlukan kehadiran Penerangan Jalan Umum (PJU) yakni Jalan Pertanian, Jalan H. Bakar, Jalan Durian, Jalan Pangmilang SP1-SP2, Jalan Demang Akub, Jalan Sanggau Kulor, Jalan Mantoman, Jalan Trisula, Jalan Sejahtera Sedau, Jalan Malindo, Jalan Hamid Matali, Jalan BLKI, Jalan Bhineka Bakti, Jalan Raya Sebakuan, Jalan Latsitarda, Jalan Revolusi (Jalan Baru), serta Jalan Yunus Yacob.

Tidak hanya itu, untuk Penerangan Jalan Gang (PJG) di 26 kelurahan se-Kota Singkawang juga terbilang masih sangat minim alias belum tersentuh penerangan.

Sebagaimana diketahui PJU dan PJG sangat diperlukan masyarakat dan merupakan infrastruktur yang dibuat untuk memudahkan pejalan kaki ketika berjalan dan menyebrang dan para pengendara seperti sepeda, sepeda motor, mobil dan pengguna jalan lainnya pada malam hari.

Selain lampu penerangan jalan dimaksud tentunya sangat membantu masyarakat dalam berjalan dan berkendara. Hal ini dikarenakan karakteristik lampu PJU maupun PJG yakni memberikan pencahayaan buatan yang dapat menyebar ke sekitar jalan sehingga dapat memudahkan pengguna jalan yang akan dilewatinya sehingga akan lebih berhati-hati dan meningkatkan konsentrasi dalam mengemudi.

Selain itu, dengan adanya PJU dan PJG dapat meminimalisir kejahatan yang kerap terjadi di jalanan, selain lampu PJU dan PJG juga bisa digunakan untuk estetika agar suatu kawasan terlihat tidak suram dan kumuh. (Top/RN)

No More Posts Available.

No more pages to load.