Jamin Takjil Dijual Higienis dan Tempat Jualan Bersih

by -1,421 views
Takjil di Kota Singkawang.
TAKJIL - Pasar juadah atau warung Ramadan banyak bertebaran di lingkungan masyarakat. Warga diminta selektif memilih takjil agar kesehatan terjaga. (Dok/Foto: Yud/RN)

Singkawang, REAKTIFNEWS.com

Masyarakat khususnya umat muslim yang saat ini tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan sangat berharap agar Pemkot Singkawang melalu Dinas Kesehatan (Dinkes dan KB) melakukan inspeksi terhadap makanan atau takjil yang dijual selama Ramadan. Hal itu bertujuan untuk menjamin kebersihan dan keamanan makanan yang dijual.

Warga menyebut, pengecekan makanan tersebut juga merupakan bukti dan tanggung jawab pemerintah, untuk tetap menjamin keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat. Apalagi bulan Ramadan merupakan momen dimana banyak pedagang bermunculan. Sehingga dalam hal ini Pemkot Singkawang wajib memastikan kesehatan dan kebersihan makanan maupun minuman yang beredar.

“Banyak bermunculan produsen rumahan, sehingga sangat penting bagi pemerintah untuk mengawasi dan memastikan keamanan produk yang kita beli ini,” ucapnya seorang Ibu, Erna (44) warga Roban kepada ReaktifNews, Sabtu (25/3/2023).

Demikian halnya Dwi (37), warga jalan Nusantara ini menyebut jangan sampai ada oknum pedagang yang ingin mengambil banyak untung, tetapi tidak memperdulikan kualitas dagangan miliknya. Lebih parah lagi, jika ada yang sengaja menggunakan bahan berbahaya sebagai campuran dagangannya. “Ini akan menjadi bahaya. Kesehatan masyarakat jadi terancam. Tujuan ini tentu saja untuk kebaikan bersama juga kok,” tuturnya.

Dwi berharap pihak Dinkes dan KB Singkawang juga lanjutnya bisa saja menggandeng segenap stakeholder atau instansi terkait. “Gandeng semua pihak terkait, intinya kesehatan masyarakat harus diutamakan,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, selama bulan suci Ramadan, lapak-lapak jualan takjil di Kota Singkawang menjamur dan mudah dijumpai. Warga maupun para pendatang bisa berburu takjil dengan aneka macam yang ditawarkan pedagang dengan harga terjangkau. (Asr/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.