Jelang Imlek 2574 Kongzili plus Akhir Minggu, Kota Singkawang Makin Ramai

by -664 views
Jelang Imlek di Kota Singkawang semakin ramai.
Arus lalulintas kawasan Jl Budi Utomo Singkawang. (Top/reaktifnews.com)

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM — Pemerintah telah menetapkan libur tahun baru Imlek 2574 Kongzili pada minggu (22/1/2023) dan keesokan harinya, senin (23/1/2023) sebagai cuti bersama tahun baru Imlek.

Dengan demikian sejak sabtu-senin (21-23/1/2023) akan menjadi long weekend alias akhir minggu yang panjang dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk liburan bersama orang terdekat.

“Pastinya tahun Imlek tahun ini lebih ramai. Dua tahun lebih kita terhambat covid, ekonomi terpuruk, sekarang bisa geliat lagi. Tahun ini waktunya kita bangkit kembali,” tutur pemilik warkop QQ di bilangan Budi Utomo Singkawang, Jumat (20/01/2023).

Sebagaimana diketahui, Kota Singkawang di Kalimantan Barat menjadi salah satu pusat perayaan tahun baru Imlek terbesar di Indonesia. Sampai-sampai kota ini dijuluki sebagai kota seribu kuil dan Hong Kong-nya Indonesia. Saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh khususnya masyarakat akan berkumpul di pusat Kota Singkawang yang sudah dihiasi pernak-pernik bernuansa Imlek.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Singkawang bersama panitia Imlek juga setiap tahunnya menggelar berbagai kegiatan hiburan dan bazar kuliner dilokasi yang terpusat di Stadion Kridasana. Wisata sejarah juga bisa dilakukan di kota Singkawang, yakni dengan mengunjungi rumah keluarga Tjhia. Rumah yang diperkirakan berdiri sejak 1902 merupakan warga China yang menjadi pendatang awal ke Singkawang.

Berlokasi di Jl Budi Utomo, bangunan ini menjadi saksi bisu perjalanan masyarakat Tionghoa di kota ini. Terakhir, Vihara atau Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya yang merupakan ikon kota dan juga menjadi yang tertua di Singkawang juga tidak luput dari pusat kunjungan diakhir minggu. (Lai/RN)

 

Editor|Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.