Jelang Ramadan 2024 Harga Bahan Pokok Meroket

by -1,249 views
panel harga bapanas
Panel harga pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada Jumat (1/3/2024).

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Jelang bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah/2024 M harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang signifikan, hal ini membuat masyarakat harus mengatur keuangan dalam memenuhi kebutuhan keluarganya.

Mayoritas harga bahan pokok terpantau naik per hari ini, Jumat, 1 Maret 2024. Sejumlah komoditas pangan itu adalah beras premium, bawang merah, bawang putih bonggol. Lalu ada daging ayam ras, telur ayam ras, gula konsumsi, minyak goreng kemasan sederhana, minyak goreng curah, jagung peternak, dan ikan kembung.

Berdasarkan panel harga pangan Badan Pangan Nasional atau Bapanas, Jumat (1/3/2024) menampilkan rata-rata harga beras premium tercatat naik 0,24 persen menjadi Rp 16.470 per kilogram jika dibandingkan dengan harga hari sebelumnya. Sedangkan harga beras medium terpantau juga mengalami kenaikan dengan harga Rp 14.350 per kilogram.

Sementara harga pangan saat ini (Jumat-red) di beberapa pasar tradisional kota Singkawang diantaranya pasar Alianyang untuk beras premium Rp 18.500 dan beras lokal Rp 17.000. Harga pangan lain seperti bawang merah Rp 35.000/kg dan bawang putih Rp 38.000/kg.

Beberapa hari lalu pada Senin (26/2), saat rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah tahun 2024 yang digelar Kemendagri secara virtual yang turut serta didalamnya Pj Wali Kota Singkawang Sumastro, disampaikan oleh Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik Pudji Ismartini agar Kepala Daerah untuk bisa bahu membahu dan melakukan upaya-upaya yang maksimal dalam mengatasi kenaikan dari inflasi khususnya menjelang Ramadan 2024.

“Lakukan upaya-upaya yang maksimal. Segera turun ke lapangan untuk mengecek ketersediaan barang dan pantau kenaikan harga menjelang Ramadan tahun ini.” terangnya. (top/yd)

No More Posts Available.

No more pages to load.