Jelang Ramadhan, Baiknya Lakukan 7 Amalan Penting Ini

by -553 views
ilustrasi masjid
Ilustrasi Masjid. (reaktifnews.com)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Tak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan tiba. Ramadhan merupakan salah satu bulan yang memiliki banyak keistimewaan.

Di bulan ini, orang-orang akan memperbanyak amalan sunah seperti bersedekah, tadarus Al-Qur’an, dan sebagainya.

Dari berbagai sumber yang dirangkum reaktifnews.com menyebut setidaknya ada 7 amalan penting yang dapat dilakukan menjelang datangnya bulan Ramadhan.

1. Bacaan doa sambut Ramadhan

Amalan pertama yang bisa dilakukan adalah membaca doa-doa untuk menyambut kedatangan Ramadhan. Di antaranya adalah doa berikut:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya’baana wa ballighnaa ramadhaan.

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan. (HR Ahmad)

Selain doa tersebut, doa lainnya berbunyi:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلا

Allaahumma sallimnii ilaa ramadhaan, wa sallim lii ramadhaana wa tasallamhu minnii mutaqabbalaa.

Artinya: Ya Allah, selamatkan aku hingga sampai Ramadhan, dan selamatkan Ramadhan untukku, dan terimalah Ramadhan dariku dengan benar-benar diterima.

2. Doa melihat hilal

Amalan kedua yang bisa dilakukan yaitu membaca doa ketika melihat hilal. Doa ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan At-Tirmidzi. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Artinya: Ya Allah, jadikanlah bulan Ramadhan ini membawa keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman bagi kami. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan.

3. Ucapkan selamat datang Ramadhan

Amalan selanjutnya yakni mengucapkan selamat datang Ramadhan (tahniah) kepada sesama Muslim. Hal ini sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad saat memberi kabar gembira kepada para sahabat atas datangnya bulan Ramadhan.

4. Teguhkan niat

Berikutnya, meneguhkan niat-niat utama sebelum masuk Ramadhan. Ada tiga langkah yang bisa dilakukan untuk amalan keempat ini yakni niat tadarus Al-Qur’an dengan merenungi maknanya. Kedua, niat tobat sebenar-benarnya dari dosa yang telah lewat. Hingga niat menjadikan Ramadhan sebagai permulaan untuk melakukan amal saleh dan kebaikan selamanya seizin Allah ta’ala beserta niat-niat terbaik lainnya.

5. Membaca buku tentang Ramadhan

Membaca kitab, buku, dan artikel ilmiah tentang Ramadhan sebagai bekal keilmuan sebelum masuk Ramadhan juga perlu dilakukan. Contohnya membaca Kitab Ihya Ulumiddin tentang rahasia-rahasia puasa, Kitab Lathaiful Ma’arif, dan artikel tentang hal-hal seputar puasa Ramadhan.

6. Persiapkan fisik dan psikis

Amalan selanjutnya adalah mempersiapkan kesehatan fisik dan psikis agar dapat menjalankan ibadah di sepanjang Ramadhan secara optimal.

7. Siapkan budget untuk sedekah

Hal lainnya yang tak kalah penting yakni mempersiapkan budget khusus untuk sedekah, infak, dan nafkah untuk keluarga selama Ramadhan.

Tentunya dengan niat meraih keutamaan Ramadhan dari sisi mentasarufkan harta pada jalan yang terbaik di bulan mulia di bulan Ramadhan.

(twa/asri)

No More Posts Available.

No more pages to load.