Kabar Baik! Caleg dan Partai Siap-Siap Sediakan Saksi di TPS Berikut Honor

by -1,373 views
Perhitungan suara dalam pemilu lalu.
Rangkaian perhitungan suara pemilu lalu. (Foto: Dok. twa/RN)

Singkawang, REAKTIFNEWS.com

Sejumlah partai politik berikut caleg di Kota Singkawang, Kalimantan Barat khususnya mulai serius menyiapkan saksi berikut “cuan” alias honor saksi dengan kisaran yang  beragam bagi saksi untuk mengawal suara pemilih di Pemilu 2024. Berangkat dari kecurangan yang kerap terjadi, seperti apa saksi disiapkan dan bagaimana pula agar kerja saksi optimal?

Menjadi saksi peserta pemilu tidak sesederhana sebagaimana yang dibayangkan. Kemahiran, kemampuan, dan sikap merupakan beberapa hal yang wajib dimiliki oleh para saksi peserta pemilu.

Aspek kemahiran yaitu soal “speaking” dan matematika, seorang saksi pemilu yang baik idealnya harus pandai berbicara karena pasti akan menyampaikan keberatannya ketika ada hal-hal yang tidak sesuai prosedur yang terjadi di lapangan.

Begitupun soal berhitung, alias matematika. Para saksi peserta pemilu yang mumpuni juga harus mahir dalam hitungan matematika karena mereka menjaga angka dan oleh sebab itu kemampuan matematika ini harus dikuasai.

Selanjutnya adalah soal pengetahuan perihal prosedur pungut hitung dan prosedur rekapitulasi di tempat pemungutan suara (TPS). Ini penting, karena wilayah di TPS menyajikan berbagai urutan kegiatan dan jika sampai urutan tersebut tidak terpenuhi maka dimungkinkan terjadi perhitungan suara ulang.

Kecermatan dan ketelitian harus benar-benar ditanamkan kepada saksi peserta pemilu ini. Begitupun soal hak dan kewajiban para saksi juga harus benar-benar dipahami bagaimana bersikap dalam menyanggah, bertanya, sampai memprotes yang hak dan skill tersebut harus dibekali dan diberikan secara utuh melalui kemampuan komunikasi yang baik. (top/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.