Kemendagri Evaluasi Kinerja Pj Kepala Daerah hingga Bahas Inflasi

by -829 views
Rapat evaluasi kinerja kemendagri 2023.
Mendagri Tito Karnavian memimpin rapat evaluasi kinerja Kemendagri 2023, Rabu (26/4/2023). Foto: Dok. Istimewa

Jakarta, REAKTIFNEWS.com

Pihak Kemendagri baru saja melaksanakan rapat terkait pengendalian inflasi daerah sekaligus evaluasi terhadap penjabat (Pj) kepala daerah di seluruh Indonesia.

Rapat tersebut langsung dipimpin oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian sekaligus menjadi penanda rapat perdana bersama jajarannya setelah masa libur Lebaran 1444 Hijriah, Rabu (26/4) lalu.

Selain membahas mengenai topik utama yakni soal pengendalian inflasi, Tito juga mengingatkan pentingnya pengisian penjabat (Pj) kepala daerah serta evaluasi yang terus dilakukan terhadap kinerja para Pj kepala daerah, khususnya yang dilantik pada 2022.

Penilaian untuk Pj Bupati dan Wali Kota tersebut mencakup katagori yakni Baik, Cukup, dan Kurang. Untuk Pj. Bupati dan Wali Kota yang mendapatkan penilaian kategori Baik ada 14 Pj. Bupati/Wali Kota, 23 Pj. Bupati/Wali Kota mendapat penilaian Cukup, dan 4 Pj. Bupati/Wali Kota dengan nilai Kurang.

Terkait jelang penetapan siapa Penjabat (Pj) kepala daerah tahap kedua, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga sebelumnya telah mengumumkan hasil evaluasi Pj. Kepala Daerah tahap pertama.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Azwan, menyebutkan kepada media bahwa Dr. Kamsol meraih peringkat kedua evaluasi seluruh Pj. Kepala Daerah se-Indonesia.

“Alhamdulillah, tim evaluasi Kemendagri telah mengeluarkan hasil evaluasi. Menetapkan bahwa Pj. Bupati Kampar meraih peringkat kedua terbaik secara nasional. Ini tentu jadi indikator pertumbuhan Kampar sudah ke arah yang positif selama ini,” terang Azwan pada Kamis (27/4).

Dia menyebutkan tiga bidang penilaian menjadi dasar evaluasi. Pertama, bidang pemerintahan. Kedua, bidang pembangunan yang meliputi lima aspek dari 10 indikator pembangunan.

Ketiga, bidang kemasyarakatan yang meliputi dua aspek dari empat indikator dan ketertiban masyarakat, serta pengelolaan pengaduan.

Hasil evaluasi ini juga menunjukkan bahwa roda pemerintahan di Kabupaten Kampar khususnya berjalan dengan baik. Tidak ada masalah dengan kinerja para pejabat dan pegawai.

“Tidak ada penurunan kinerja terkait dengan masih adanya jabatan kosong yang dijabat oleh Plt. Ini terbukti bahwa Kampar yang dipimpin oleh Pj Bupati Dr. Kamsol, MM meraih nilai kinerja terbaik kedua dari 45 kepala daerah yang dijabat Pj. se-Indonesia,” tutupnya. (Yud/Top)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.