Keren, Wali Kota Balikpapan Pastikan Makanan Buka Puasa Aman Konsumsi

by -600 views
Walikota Balikpapan malakukan sidak di Pasar Ramadan Kelurahan Muara Rapak, pada Selasa, 28/3/2023, sore. (Foto: Istimewa)
Walikota Balikpapan malakukan sidak di Pasar Ramadan Kelurahan Muara Rapak, pada Selasa, 28/3/2023, sore. (Foto: Istimewa)

Balikpapan, REAKTIFNEWS.com

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud sebagaimana dilansir dikutip reaktifnews.com dari korankaltim.com., Wali Kota Rahmad Mas’ud melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap penjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa di Pasar Ramadan Kebun Sayur dan Pasar Ramadan Kelurahan Muara Rapak, Selasa (28/3/2023) sore.

Sidak ini bertujuan untuk memastikan keamanan makanan dan minuman berbuka puasa yang dijual kepada konsumen betul- betul aman dan layak konsumsi.

Rahmad menyebut, terdapat beberapa sampel yang telah diambil oleh pihak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan pihaknya masih menunggu hasil tersebut.

“Jadi nanti dilihat dulu hasilnya. Mudah-mudahan tidak ada bahan pengawetnya, artinya aman untuk di konsumsi untuk warga,” ujar Rahmad kepada awak media.

Ia mengatakan, ia juga telah melakukan pemeriksaan sampel serupa pada ramadan tahun lalu. Hasilnya, tidak ditemukan adanya kandungan zat berbahaya atau ilegal lainnya. Untuk itu, ia berharap, tidak ada hal yang membahayakan yang ditemukan juga, dari sampel makanan yang diperiksa.

“Untuk hasilnya, saat ini masih menunggu hasil dari BPOM. Kalau untuk pemeriksaan sementara ini kalau dilihat indikasinya baik -baik saja,” jelasnya.

Tak lupa dirinya juga berpesan, kepada masyarakat agar berbelanja seperlunya saja jangan berlebihan.

“Kami juga berpesan masyarakat berlanjalah sesuai dengan keperluan. Kemudian sebelum meninggalkan rumah kami imbau kepada masyarakat agar memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman,” imbaunya.

Sementara itu, Pengawas Farmasi dan Makanan (PFM) Ahli Muda, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Balikpapan, Indah Wihdiyarini menambahkan, terdapat 18 sampele diambil untuk diuji. Dari 18 sampele tersebut diuji parameternya, yaitu indikasi apakah ada bercampur dengan formalin, borak, Rhodamin B, dan Metanil Yellow.

“Kami ujikan dan hasilnya aman tidak terdeteksi menggunakan bahan berbahaya tersebut,” pungkasnya. (Rusdianto/Laeko/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.