Kesalahan Pemahaman Mengenai Mandi Wajib Sebelum Berpuasa Ramadan

by -447 views
mandi shower
Kesalahan Pemahaman Mengenai Mandi Wajib Sebelum Berpuasa Ramadan.

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Sebelum memasuki bulan Ramadhan, seringkali tersebar tulisan di media yang keliru mengaitkan mandi wajib dengan kewajiban puasa.

Sebagaimana dikutip dari media NU, hal ini bisa menyesatkan karena mandi wajib sebenarnya hanya diperlukan bagi orang berhadats besar yang hendak melakukan ibadah tertentu seperti shalat lima waktu dan tawaf, bukan untuk puasa.

Bahkan, jika seseorang mengalami hadats junub seperti mimpi basah atau hubungan suami istri pada malam sebelum Ramadhan dan tidak sempat mandi wajib sebelum imsak, puasanya tetap sah selama memenuhi syarat dan rukunnya.

Dalam kitab al-Mausu’atul Fiqhiyyah (16/55) dijelaskan:

يَصِحُّ مِنْ الْجُنُبِ أَدَاءُ الصَّوْمِ بِأَنْ يُصْبِحَ صَائِمًا قَبْل أَنْ يَغْتَسِل. فَإِنَّ عَائِشَةَ وَأُمَّ سَلَمَةَ قَالَتَا : نَشْهَدُ عَلَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أِنْ كَانَ لِيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَغْتَسِل ثُمَّ يَصُومُ.

Artinya, “Orang yang memiliki hadats junub (hadats besar), sah melaksanakan puasa meski ia belum sempat mandi besar sampai pagi puasa. Siti ‘Aisyah dan Ummu Salamah pernah berkata, ‘Kami melihat Nabi Muhammad saw pagi-pagi masih memilki hadats junub yang bukan karena mimpi basah, lalu beliau mandi besar dan tetap melaksanakan puasa.”

Memang, saat bulan puasa memang ada anjuran mandi, tapi bukan mandi wajib, melainkan mandi sunnah yang dianjurkan pada setiap malam bulan puasa. Dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81) dijelaskan:

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة…ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك

Artinya, “Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,… dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjemaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.”

Jadi, tidak ada kewajiban mandi wajib sebelum Ramadhan karena bukan syarat atau rukun. Mandi sunnah pun hanya disarankan setiap malam Ramadhan. (*/tim/yd)

No More Posts Available.

No more pages to load.