Menlu Retno: Situasi Palestina Makin Memburuk

by -1,106 views
kondisi rumah sakit indonesia di palestina 2024
Kondisi terkini rumah sakit Indonesia di pinggir kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara usai diserang pasukan Israel pada 24 November 2023 lalu. (Foto: AFP)

REAKTIFNEWS.COM, – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengungkapkan hanya beberapa rumah sakit di Gaza, Palestina yang masih beroperasi dengan pelayanan sangat minim. Rumah Sakit Indonesia di Gaza, yang sempat menjadi target serangan Israel, kini tidak beroperasi maksimal sejak November 2023.

“Hanya beberapa rumah sakit yang masih memberikan pelayanan kesehatan itu pun sangat minim dan Rumah sakit Indonesia di Gaza sudah tidak berfungsi secara maksimal sejak November tahun lalu,” kata Retno dalam sebuah sesi kuliah umum melalui Public Lecturer: Diplomasi Indonesia untuk Palestina di UGM Yogyakarta, dikutip Rabu (5/6/2024).

“Situasinya sangat memprihatinkan. Tidak ada satupun kalimat yang dapat menjelaskan bahwa kondisi bangsa Palestina mengalami perbaikan. Situasi makin memburuk,” imbuh Retno.

Sementara layanan medis porak-poranda, Israel justru mengintensifkan serangan di Gaza, termasuk Rafah. Rafah adalah sebuah kawasan di selatan Jalur Gaza yang sebelumnya dinyatakan sebagai zona aman bagi warga Palestina.

Retno menyebut, serangan Israel di Rafah, yang diklaim sebagai upaya memburu tokoh-tokoh Hamas, semakin memperparah situasi. (TIM-RN)

Editor: Topan
Penulis: M Faisal

No More Posts Available.

No more pages to load.