MERDEKA!!!

by -785 views
Pertemuan di "rumah juang".
Pertemuan di "rumah juang". Foto/Dok: (net/Rn).

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang Kota – Merdeka!!!, Tahukah anda, 77 tahun lalu pada tanggal 15 Agustus 1945, kelompok muda yang terdiri dari Johar nur, Wikana, Chaerul saleh, Subiyanto, Armansyah, dan Subandrio bertemu dengan Bung Karno dan Bung Hata di Rumah Pegangsaan timur 56.

Sebuah rumah besar yang dihibahkan Faradz Martak seorang pengusaha keturunan Arab untuk dijadikan sebagai, “rumah juang” untuk kemerdekaan RI (kalau diuangkan dengan nilai sekarang mungkin sekitar 10 M).

Kelompok muda mendesak Bung Karno dan Moh Hatta untuk secepatnya memproklamasikan kemerdekaan karena Jepang telah menyerah pada sekutu. Tapi Bung Karno tetap kekeuh untuk menunggu persetujuan PPKI yang dibentuk Jepang.

Sedangkan kelompok pemuda tak mau ada campur tangan Jepang seolah-olah kemerdekaan itu diberikan oleh Jepang, seperti Janji Jendral Trauci panglima armada Jepang di Asia tenggara saat bung Karno dipanggil ke markas besarnya di Dalat Vietnam 9 Agustus 1945 bertepatan dengan dibomnya kota Nagasaki oleh Sekutu.

Dalam pertemuan itu Jepang menjanjikan paling lambat 23 September 1945 Indonesia sudah merdeka. Karena tidak ada titik temu rapat sempat memanas Wikana sempat mengancam bung Karno “Jika bung tidak memproklamasikan kemerdekaan hari ini maka besok akan ada pertumpahan darah” sambil menatap tajam bung Karno.

Bung Karno malah balik gertak, “Jangan tunggu besok sekarang juga potong leher saya dan seret saya,” katanya dengan nada yang lantang.

Rapat kemudian di Scor. Besoknya pukul 3 dinihari bung Karno “dijemput” para pemuda dibawa ke Rengasdengklok Kerawang. Diamankan di sebuah rumah milik seorang Tionghoa.

Atas upaya mediasi dari Subarjo akhirnya terjadi kesepakatan Proklamasi dibacakan Bung Karno pada 17 Agustus 1945 jam 10 pagi di Pegangsaan timur 56 Jakarta atas jaminan keamanan perwira angkatan laut Jepang Laksamana Maeda.

Maka terjadilah peristiwa bersejarah itu untuk Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-77

*Dikutip dari Wikipedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.