Merasa Diatas Angin: TCM Sukses Bidik Strategi Koalisi Gemuk di Pilkada Singkawang 2024, Yang Lain Bisa Apa?

by -2,556 views
calon wali kota singkawang 2024 muhammadin dan tjhai chui mie
Foto: Muhammadin saat perayaan ulang tahun Tjhai Chui Mie beberapa waktu lalu. Keduanya dinilai memiliki "Chemistry" dan saat ini berpasangan maju di Pilkada Singkawang 2024 mendatang. (Ist)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Mendaftarkan diri ke sejumlah partai, Tjhai Chui Mie alias TCM akhirnya merasa diatas angin dengan berhasil membentuk koalisi gemuk yang terdiri dari PDIP, PAN, Demokrat dan Hanura atau dengan kata lain telah memiliki total 13 kursi dukungan parpol yang siap mengusungnya sebagai kandidat calon Wali Kota Singkawang 2024.

“Untuk saat ini saya sudah mendapat 4 surat tugas, dari PDIP 5 kursi, PAN 4 kursi, Demokrat 3 kursi, dan Hanura 1 kursi,” kata TCM dengan bangga melalui TribunPontianak, Kamis 6 Juni 2024.

“Total sudah 13 kursi, sudah cukup untuk maju sebagai Bakal Calon Wali Kota Singkawang, minimalnya adalah 6 kursi, kita sekarang ada 13 kursi,” imbuhnya lagi.

“Dan untuk wakil, saya dengan Ketua PAN dan juga selaku Ketua Pemuda Melayu Kota Singkawang bapak Haji Muhammadin,” tegas TCM.

“Chemistry” Tjhai Chui Mie-Muhammadin

Jika dilihat dari dinamika dan greget koalisi yang berkembang saat ini menjelang Pilkada Kota Singkawang 2024 mendatang maka duet Tjhai Chui Mie-Muhammadin bukanlah hal yang mengejutkan. Sebab keduanya juga jauh-jauh hari memang dinilai memiliki “chemistry” kecocokan dan saling melengkapi.

Pada isu operasional Bandara Singkawang misalnya, Muhammadin selaku Ketua Komisi 2 DPRD Singkawang yang membidangi perekonomian tersebut sangat bersemangat mendukung Tjhai Chui Mie selaku Ketua Team Leader Pembangunan Bandara Singkawang saat ini.

Sebab hingga saat ini dan mendekati Pilkada Singkawang 2024, Bandara Singkawang masih menyisakan berbagai masalah standar teknis yang akibatnya belum layak untuk melayani penerbangan komersial walaupun telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Maret 2024 silam.

Skenario Poros Koalisi Pilkada Singkawang 2024

Jika dilihat perolehan suara partai politik dari hasil Pileg Kota Singkawang pada Pemilu Februari 2024 lalu, tidak ada partai yang mengantongi suara mutlak.

Sementara itu, hingga saat ini nego-nego politik dan power sharing pasangan calon Wali Kota Singkawang 2024 Tjhai Chui Mie-Muhammadin sudah memiliki titik temu melalui poros koalisi partai pengusung dari PDIP, PAN, Demokrat dan Hanura.

Poros kedua dalam waktu dekat juga dimungkinkan muncul dan memberikan kejutan. PKB yang memiliki 5 kursi dan Golkar dengan 3 kursi di DPRD Singkawang bisa saja menjadi salah satu penantang serius koalisi gemuk Tjhai Chui Mie-Muhammadin pada Pilkada Singkawang 2024 mendatang.

Bukan hal yang mustahil jika pasangan Abdul Muthalib-Andi Syarif juga akhirnya bisa mengunci nego-nego politik dan power sharing mereka untuk menggalang kekuatan dari para loyalis pemilih NU dan ceruk-ceruk pemilih Golkar yang tidak sebatas pemilih tua, tapi juga diketahui memiliki dukungan dari kalangan milenial.

Partai-partai politik lain yang memungkinkan membentuk poros koalisi ketiga pada Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang yakni Nasdem dan PKS yang dikenal sebagai poros perubahan pada Pilpres lalu. Koalisi keduanya juga sudah cukup memenuhi syarat untuk mengusung calon pasangan Wali Kota Singkawang di Pilkada Singkawang 2024 mendatang.

Sementara partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang pada Pileg DPRD Singkawang 2024 lalu mengantongi 2 kursi dan pemenang Pilpres ini dinilai akan lebih fleksibel dalam menentukan siapa yang akan mereka usung pada pemilihan kepala daerah Singkawang mendatang. (TIM-RN)

Editor: Topan
Sumber: Reaktifnews.com

No More Posts Available.

No more pages to load.