Nilai Tes Jeblok Lolos Seleksi Iringi Pelantikan 25 Anggota PPK di Hotel Mahkota Singkawang

by -762 views
pelantikan ppk singkawang 2024
Reaktifnews.com - Sejumlah 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Singkawang saat dilantik pada Kamis (16/5) lalu dan hasil seleksi tertulis dan seleksi akhir oleh KPU Singkawang.

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Ditengah-tengah pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) terpilih, muncul isu dugaan ketidak-beresan proses seleksi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang. Sejumlah warga berikut peserta tes seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan se-Kota Singkawang mengaku menduga dari sekian banyak peserta yang ikut hanya menjadi peserta tes formalitas karena yang lolos justru beberapa diantaranya peserta yang nilainya rendah.

“Mungkin (tes) hanya formalitas saja. Saya menduga ada peserta tes yang istimewa karena meskipun nilainya jeblok justru lolos. Karena dari awal tes sudah tidak fair. Dari hasil tes itu bisa dilihat kok,” ungkap salah satu warga, Deni, saat dikonfirmasi Senin (20/5/24).

Deni dan beberapa peserta yang enggan disebutkan namanya juga mengaku kaget dengan lolosnya peserta dengan nilai rendah. Padahal ada nilai tertinggi lain yang mestinya layak lolos menjadi PPK. Sedangkan wawancara nampaknya menjadi alibi agar seolah-olah tes tidak penting dan hanya sebagai formalitas belaka.

“Jika ini (wawancara) menjadi tolok ukur, justru bukti tidak berintegritasnya penyelenggara sangat terang benderang. Ini akan berakibat kepada bobroknya kontestasi pemilukada di Singkawang mendatang. Karena PPK adalah ujung tombak pemilukada. Sedangkan yang terpilih tidak berkualias secara SDM,” imbuh Deni.

Dia berpendapat, jika rekrutmen PPK tidak fair, maka Pilkada di Singkawang berpotensi tidak akan berlangsung sebagaimana pemilu jurdil. PPK adalah etalase pemilukada, tetapi seleksinya tidak mencerminkan jurdil.

“Sangat disayangkan memang, PPK adalah wajah kualitas pemilu. Karena PPK ini pula yang akan sering berhadapan dengan pemilih dibawah,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Sebanyak 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Singkawang untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar serta Pemilihan WaliKota dan Wakil WaliKota Singkawang Tahun 2024 resmi dilantik, Kamis (16/5/2024) di Hotel Mahkota.

Melalui Surat Keputusan KPU Kota Singkawang Nomor 172 Tahun 2024, seluruh anggota PPK tersebut akan menjalani tugasnya selama 8 bulan dari sejak dilantik hingga 27 Januari 2025. (RN-TIM)

Editor: Topan
Sumber: Reaktifnews.com

No More Posts Available.

No more pages to load.