Pesawat Perintis Rute Tarakan-Binuang Jatuh

by -950 views
Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati (Foto: dok. Kemenhub)
Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati (Foto: dok. Kemenhub)

REAKTIFNEWS.COM – Pesawat perintis angkut kargo milik Smart Air dengan rute Tarakan-Nunukan, Kalimantan Utara, hilang kotak. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan pesawat tersebut diawaki satu pilot dan satu teknisi.

“Pesawat PK-SNE dengan satu pilot dan satu teknisi, take off dari Bandara Tarakan pukul 00.25 UTC/08.25 Wita dan estimasi landing di Lapter Binuang 01.20 UTC/09.20 Wita membawa kargo 583 kg,” kata jubir Kemenhub Adita Irawati kepada wartawan, Jumat (8/3/2024).

Pesawat perintis kargo tersebut PK-SNE milik Smart Air jenis PC6 Pilatus dengan rute Bandara Tarakan-Lapter Binuang-Bandara Robert Atty Bessy (LNU) yang hilang kontak pada Jumat (8/3) pukul 11.22 Wita.

Kemenhub mengatakan telah disiapkan posko pusat krisis untuk pengumpulan informasi pencarian pesawat tersebut di Bandara Tarakan dan Bandara Malinau.

Pemerintah daerah juga sudah turun tangan membantu, salah satunya dengan memberangkatkan pasukan dari kodim ke daerah Setulang. Warga masyarakat Binuang juga ikut membantu melakukan pencarian di area Gunung Narid.

“Saat ini terdapat dua pesawat yang dioperasikan dalam misi pencarian PK-SNE yaitu PK-SNG (dari maskapai SMART Aviation) dan PK-VVU (maskapai dari Susi Air),” ujar Adita.

Selain itu, helikopter TNI AD pendukung Basarnas telah diberangkatkan beserta anggota Basarnas menuju ke lokasi pencarian. Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub akan terus berkoordinasi dan akan memberikan informasi terbaru lebih lanjut. (tim/ydi)

No More Posts Available.

No more pages to load.