Pesona Kampung Mesen Sedau Kian Meredup

by -601 views
Pesona Kampung Mesen Sedau Singkawang.
Kampung Mesen (kampung berhias) saat baru dibuka tahun 2020 lalu dari pencitraan drone. (Dok/Foto: top/rn)

Singkawang, REAKTIFNEWS.com

Sempat hits pada 2020 lalu, Kampung Mesen atau Kampung berhias/bersolek yang terletak di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kalbar, mulai redup.

Suasana kampung wisata yang digagas oleh Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kota Singkawang tersebut sekarang layaknya kampung kebanyakan di Kota Singkawang. Sepanjang setapak Kampung Mesen yang dulunya dijadikan tempat berfoto oleh wisatawan dengan berlatar rumah warga terlihat sepi. Warna-warna yang terdapat pada dinding tembok rumah warga juga tampak memudar dan pucat.

Salah satu warga bernama Faisal menjelaskan, semenjak dibuka pada 2020 lalu setidaknya lumayan menyita perhatian pengunjung dari dalam dan luar kota Singkawang. Saat weekend dan hari libur nasional pengunjung juga kadang datang lebih ramai.

“Maunya seperti dulu, lumayan ramai. Kalau dulu kan baru dibuka, cat rumah juga masih kinclong. Kadang pengunjung tidak cuma berfoto, ada yang nyari oleh-oleh khas kampung sini juga,” kata Faisal, Senin (20/3/2023).

Saat disinggung agar masyarakat setempat swadaya melakukan inovasi untuk mengembalikan kejayaan Kampung Mesen sebagaimana masa lalu, Faisal menilai hal tersebut agak berat dilakukan.

“Kalau murni dari warga saya rasa sulit. Kecuali ada campur tangan dari pemerintah Kota Singkawang,” jelasnya.

Untuk itu, dia berharap adanya renovasi dari pemerintah agar ada suasana baru dan kembali menarik minat wisatawan. “Semoga saja ada campur tangan dari pemerintah. Apa lagi nanti pas momen lebaran idul fitri biasanya daerah sini lebih ramai dan meriah,” pungkasnya. (TW/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.