Pilkada 2024 Singkawang, Saatnya Belajar dari Masa Lalu

by -1,364 views
pilkada singkawang 2024
Pilkada Singkawang, Saatnya Belajar dari Masa Lalu. (Ilustrasi / reaktifnews.com)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Menjelang pemilihan kepala daerah calon walikota dan wakil walikota Singkawang 2024, isu terkait kepemimpinan muncul kembali di muka publik. Sementara itu, harapan bahwa pemilihan langsung yang memberi hak rakyat untuk memilih pemimpinnya mampu menghasilkan pemimpin yang baik ternyata masih jauh panggang dari api.

Kita kemudian tidak berhenti berandai-andai, bahwa pilkada langsung menghasilkan kompetisi dari orang-orang terbaik. Tapi ternyata, sistem politik ini hanya memberi kesempatan pada mereka yang memiliki uang saja yang bisa mengikuti kompetisi dalam pilkada. Orang-orang jujur, berintegritas, dan kompeten, tetapi tidak memiliki uang dari awal sudah tersingkir dari gelanggang.

Pilkada di Kota Singkawang yang berlangsung pada 27 November mendatang juga diperkirakan belum akan banyak berubah. Aturan permainan masih menggunakan pola-pola lama dan tentu yang bermain adalah pemain lama pula yang bertengger sebagai calon-calon yang akan dipilih. Namun, rakyat bagaimanapun juga harus memilih. Karena itu, silakan pilih yang terbaik dari yang ada, sembari dilakukan upaya-upaya perbaikan dari berbagai aspek lainnya.

Kriteria Pemimpin yang Baik Menurut Nabi

Menjadi pemimpin sendiri bukanlah suatu tugas yang mudah, ada tanggung jawab yang besar di balik kepemimpinan yang diemban seseorang, apalagi jangkauan kepemimpinan tersebut meliputi satu kota dengan populasi yang besar, tentu bukan main-main.

Terkait kepemimpinan, Islam sendiri sangat peduli terhadap etika dan moral yang harus dimiliki seorang pemimpin. Tentunya, pemimpin ideal dalam sejarah Islam adalah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan untuk menakar kepemimpinan yang ideal, tiga dari empat sifat wajib bagi para nabi dan rasul berupa siddiq (jujur), amanah (dipercaya), fathanah (cerdas) dapat menjadi landasan kriteria pemimpin yang baik.

Yang dipilih oleh rakyat pada Rabu, 27 November 2024 akan menentukan nasib baik-buruknya Kota Singkawang selama lima tahun mendatang. Karena itu, mari kita gunakan kesempatan untuk memilih tersebut dengan sebaik-baiknya, jangan sampai kita terus terjebak pada persoalan yang sama. (tim/*)

No More Posts Available.

No more pages to load.