Pilwako Singkawang 2024: Hasan Karman Diprediksi Bisa Bikin Petahana “Babak Belur”

by -1,896 views
hasan karman
Dr. Hasan Karman SH, MM., Wali Kota Singkawang periode 2007-2012. (REAKTIFNEWS.COM)

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang – Potensi kekuatan poros partai politik (parpol) di Pilkada 2024 Singkawang terbuka lebar. Selaku mantan Wali Kota Singkawang periode 2017-2022 Tjhai Chui Mie, S.E., M.H., (TCM) santer dikabarkan oleh para pendukungnya bakal kembali maju melanjutkan kepemimpinan kedua dirinya sebagai Wali Kota Singkawang yang juga berstatus petahana dalam kontestasi Pilkada 2024 Singkawang mendatang.

Selain merupakan kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), perempuan 52 tahun ini sebelum menjabat Wali Kota Singkawang juga diketahui merupakan Ketua DPRD Kota Singkawang periode 2009-2014.

Namun ambisi TCM dalam kontestasi Pilkada 2024 mendatang nampaknya akan mengalami jalan terjal. Pasalnya sang penantang di Pilkada Singkawang 2024 kali ini juga bukanlah figur sembarangan.

Dia adalah Dr. Hasan Karman SH, MM., yang juga merupakan mantan Wali Kota Singkawang periode awal sebelum TCM pernah berjaya menjadi orang nomor satu di Singkawang.

Hal itu sebagaimana terjadi pada Pilkada Singkawang saat Hasan Karman (Bong Sau Fam) berhasil menumbangkan Awang Ishak yang juga selaku petahana pada 2007 silam.

Saat itu, Hasan Karman (HK) yang berpasangan dengan Edy R. Yacob menang dan sekaligus mencatatkan sejarah tersendiri bagi peta perpolitikan tanah air yakni Hasan Karman sebagai Wali Kota pertama dalam sejarah di Indonesia yang berasal dari etnis Tionghoa.

Kemenangan yang diraih pasangan Hasan Karman saat itu juga sudah diprediksi jauh hari sebelumnya, dimana HK selain didukung mayoritas etnis Tionghoa Singkawang juga berhasil meyakinkan para pemilih dari kalangan muslim, hingga akhirnya Ia berhasil meraup sebagian suara muslim di Singkawang saat itu.

Diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) saat itu, Hasan Karman berhasil meraup 41,8 persen suara sekaligus unggul dari tiga pasang calon lainnya termasuk pasangan Awang Ishak yang saat itu diketahui sangat sulit untuk ditumbangkan selaku petahana.

Jika memang benar Hasan Karman pada Pilkada Singkawang kali ini mendapat dukungan dari masyarakat dan partai hingga maju sebagai kandidat calon Wali Kota Singkawang periode 2024-2029, maka ini salah satu strategi jitu untuk menumbangkan Tjhai Chui Mie (TCM) sebagai calon incumbent di Pilkada Singkawang 2024 nanti.

Sebagai calon petahana, TCM juga dipastikan akan mendapat gempuran dari seluruh partai politik yang tergabung di poros berseberangan.

Hasan Karman juga pernah menyatakan bahwa jika masyarakat masih mau dirinya kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Singkawang pada 2024 mendatang maka dia siap.

“Jika tidak, untuk apa saya repot? Tetapi jika masyarakat memang minta saya kembali mencalonkan, maka ini akan saya pertimbangkan,” katanya dikutip Reaktifnews.

Profil singkat Hasan Karman

Dr. Hasan Karman SH, MM., merupakan mantan Wali Kota Singkawang periode 2007-2012.

Diantara gelar yang pernah diraih yakni penghargaan alumni kehormatan pendidikan tertinggi kepamongprajaan melalui Surat Keputusan Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Nomor 821/554/tahun 2011.

Sosok pemimpin ini juga dinilai sebagai orang yang cerdas, visioner, inovatif, cekatan, memiliki jiwa semangat kenegarawanan, teladan yang baik, serta mampu mengembangkan sikap bersahaja dalam melayani masyarakat.

Guna memastikan apakah masyarakat Kota Singkawang masih mengharapkan dan merindukan kehadiran Dr. Hasan Karman SH, MM., untuk menahkodai Kota Singkawang di periode 2024-2029, reaktifnews.com juga dalam waktu dekat juga akan melakukan jajak pendapat yang diketengahkan kepada sobat Reaktif  sekaligus untuk segenap warga kota Singkawang. (top/tim/yd)

No More Posts Available.

No more pages to load.