Pj Kepala Daerah Tepuk Tangan Saat Jokowi Beri Pengarahan: Jangan Tepuk Tangan, yang Miring-miring Saya Ganti!

by -893 views
jokowi beri pengarahan kepada pj se indonesia
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi). detikcom

REAKTIFNEWS.COM

Presiden Joko Widodo tegas akan mengganti penjabat kepala daerah yang ketahuan tidak netral terhadap jalannya Pemilu 2024.

Tak main-main, Jokowi akan melakukan evaluasi kinerja tiap hari guna memastikan seluruh penjabat kepala daerah netral.

“Saya evaluasi harian. Begitu bapak ibu semuanya ‘miring-miring’, saya ganti itu bisa, itu hak prerogatif yang saya miliki,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan arahan kepada seluruh penjabat kepala daerah se-Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin siang (30/10/2023).

Saat menyampaikan penegasan itu, sejumlah penjabat kepala daerah tampak tepuk tangan. Jokowi lantas menyelak dan melarang mereka tepuk tangan.

“Jangan tepuk tangan,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan penjabat kepala daerah untuk tidak memihak kepada kandidat mana pun.

“Dan juga saya minta jangan sampai memihak, itu dilihat lho, hati-hati, bapak ibu dilihat. Mudah sekali kelihatan bapak dan ibu memihak atau enggak,” pesannya.

Tugas berikutnya dari Jokowi kepada para penjabat kepala daerah adalah memastikan ASN untuk bersikap netral menghadapi Pemilu 2024.

“Yang terakhir, menjaga kerukunan di tingkat bawah. Segera selesaikan kalau ada percikan yang berkaitan sama politik,” katanya.

Jokowi juga mengarahkan agar seluruh penjabat kepala daerah memberikan dukungan penuh kepada tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

“Tapi, tidak mengintervensi apa pun,” katanya.

Bantuan yang dapat dilakukan kepada penyelenggara pemilu, kata Jokowi, berupa kebutuhan anggaran operasional yang perlu disegerakan. (Reaktifnews/Yudi)

No More Posts Available.

No more pages to load.