Pj Wali Kota Salat Tarawih dan Berikan Kultum di Masjid Raya Singkawang

by -505 views
Pj Wali Kota Singkawang Sumastro berikan kultum saat tarawih di Masjid Raya Singkawang.
Pj Wali Kota Singkawang Drs. H. Sumastro, M.Si menyempatkan diri untuk salat Tarawih bersama masyarakat di Mesjid Raya dan memberikan kultum. (Foto/Dok: topan/rn)

Singkawang, REAKTIFNEWS.com

Di tengah kesibukannya, Pj Wali Kota Singkawang Drs. H. Sumastro, M.Si menyempatkan diri untuk salat Tarawih bersama masyarakat di Mesjid Raya dan memberikan kultum mengajak segenap umat muslim untuk senantiasa menjaga semangat toleransi dan menjadikan perbedaan untuk saling mengenal satu dengan lainnya, Minggu (26/3/2023).

“Allah SWT menyatakan, kita harus bersatu dan jangan saling bercerai berai. Bersatu, jangan berpecah belah. Disinilah letaknya ibadah, pelajaran toleransi, kasih sayang, rahmat, silaturahim dan lainnya,” ujar Sumastro.

Lanjutnya, Ramadhan merupakan bulan yang selalu dirindukan kehadirannya oleh setiap Muslim. Bulan yang sangat sarat dengan amal kebajikan dan pahala yang melimpah. Pada bulan ini, segala amal kebajikan pahalanya dilipatgandakan, sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat.

“Semua amalan kita dilipatgandakan (balasannya) di bulan suci ini sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat,” ujar Sumastro.

Pj Wali Kota Sumastro menjelaskan tentang makna puasa di bulan Ramadan. Di mana bulan ini bisa menjadi ladang pahala dan meningkatkan kapasitas diri menjadi manusia yang lebih baik.

“Ibadah puasa merupakan kewajiban dan menjadikan puasa ini waktu yang baik untuk meningkatkan kualitas diri, baik hubungan secara vertikal dan horizontal,” sebut Sumastro.

Pj Wali Kota juga kembali menghimbau masyarakat Kota Singkawang khususnya umat muslim untuk menyambut bulan puasa ini dengan penuh suka cita dan saling memaafkan untuk menjadi manusia yang lebih baik dari tahun kemarin.

“Dengan berpuasa meningkatkan mental dan melatih fisik serta rohani. Bahkan banyak nilai-nilai positif lain yang bisa kita petik dalam menjalankan puasa ini, karena itu mari kita manfaatkan sebaik mungkin ibadah puasa selama bulan Ramadan ini,” ujarnya.

Pj Wali Kota Sumastro juga menyeru para jamaah bersama-sama mendoakan untuk kesembuhan ketua yayasan Masjid Raya Singkawang H. Akhmad Kismed yang saat ini tengah dirawat di rumah sakit Jakarta.

“Mari kita doakan bersama untuk kesembuhan senior, sahabat, saudara kita H. Akhmad Kismed yang saat ini tengah dirawat di Jakarta. Semoga Allah SWT segera pulihkan kesehatannya,” terang Sumastro.

Di akhir kultum, Pj Wali Kota Sumastro berharap semoga para jamaah dan umat muslim benar-benar sukses menggapai kebaikan di fase 10 hari pertama, 10 hari kedua, 10 hari ketiga Ramadan tahun ini.

“Saya berharap semoga kita semua para jamaah dan umat muslim khususnya akan mendapatkan rahmat, diberikan maghfirah atau tertutupnya dosa-dosa dan diberikan pembebasan dari neraka. Sehingga pada hari kemenangan nanti kita terlahir kembali dengan saling memaafkan,” pungkas Sumastro. (TOP/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.