Prof Quraish Shihab: Terima dengan Legawa, Hasil Akhir Pemilu adalah Cerminan Masyarakat Kita

by -460 views
Prof M Quraish Shihab
Foto: Prof M Quraish Shihab. (net)

REAKTIFNEWS.COM, – Cendekiawan Muslim Indonesia Prof M Quraish Shihab menyerukan agar masyarakat Indonesia menerima hasil pemilihan umum (pemilu) 2024 dengan legawa, terlepas dari siapa pun pemenangnya. Ia mengingatkan, hasil akhir pemilu adalah cerminan masyarakat Indonesia.

“Apa pun hasil akhir pemilu kita, apakah calon anda yang menang atau dia yang kalah, ketahuilah bahwa itu adalah cermin dari masyarakat kita. Sebagaimana keadaan kamu kalau anggap baik, maka itulah cermin kebaikan. Tapi kalau anda anggap buruk, itulah cermin masyarakat kita. Kalau itu cermin masyarakat kita, maka terimalah dengan legawa,” ungkap Prof Quraish saat Dialog Kebangsaan bertajuk Merawat Ukhuwah Kebangsaan Menjaga Persatuan Indonesia, pada Senin (4/3/2024) lalu.

Menurut Prof Quraish, hal yang terpenting saat ini adalah masyarakat untuk tetap berusaha menjaga situasi tetap kondusif dan persatuan dan kebersamaan bangsa.

“Tetap usahakan untuk memperbaiki, jangan sampai ukhuwah ini (rusak), karena ini modal kita. Nah, yakinlah bahwa di tangan Tuhan ada kebajikan itu. Yakinlah satu hal lagi kalau anda tidak berhasil, Tuhan yang akan menetapkan buat anda bantuannya,” jelas Pendiri Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) itu.

Prof Quraish juga mengutip ayat Al-Qur’an yang menekankan bahwa rezim yang zalim pasti akan runtuh.

“Kalau itu terjadi, yakinlah rezimnya pasti runtuh. Itu hukum kemasyarakatan. Jadi, kembali kepada tuntunan agama, apa pun hasilnya kita terima sambil berusaha memperbaiki sambil menjaga ukhuwah ini, karena inilah modal kita,” papar penulis Tafsir Al-Misbah ini. (top/why)

No More Posts Available.

No more pages to load.