Profil Mochammad Afifuddin, Plt Ketua KPU RI Pengganti Hasyim Asy’ari

by -968 views
profil mochammad afifuddin
Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin. (Grafis: Asri/ Reaktifnews)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Sosok Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin sejak mahasiswa dikenal sangat gemar dan aktif menulis artikel serta resensi di beberapa media nasional seperti Kompas, Republika, Gatra, Suara Pembaruan, Koran Jakarta, dan semacamnya.

Beberapa di antaranya, Kampanye Pilkada di Saat Pandemi, Opini Koran Sindo, 05 November 2020; Antisipasi Covid-19 Klaster Pilkada, Opini Koran Sindo, 16 September 2020; Pilkada, Pandemi, dan Politik Uang, Opini Jawa Pos, 14 Juli 2020; Anggaran Pilkada saat Wabah, Opini Bisnis Indonesia, 11 Juli 2020; Covid 19 dan Keawanan Pilkada 2020, Opini Koran Sindo, 30 Juni 2020; Inovasi Pengawasan Pemilu, Opini jawapos.com 16 April 2019; serta Tokoh Agama dan Partisipasi Pemilu 2019, Opini Harian Media Indonesia, 20 Maret 2019.

Selain beragam artikel dan resensi, Afif juga rajin menulis di beberapa buku antaranya, menjadi salah satu penulis buku Membangun Demokrasi dari Bawah (PPSDM UIN-TAF; 2007), Bersama Masyarakat Memantau Pemilu 2009 (JPPR TIFA; 2009), Laporan Pemantauan 10 Daerah (JPPR-TAF: 2011).

Aksesibilitas Pemilu bagi Penyandang Disabilitas; Pengalaman dari 5 Daerah (JPPR-AGENDA; 2012), Menguak Dana Kampanye Pileg 2014 (Tim penulis, JPPR-MSI; 2012), Potret Pemilu Akses dalam Pemilu Presiden 2014 di Indonesia: Hasil Pemantauan di 5 Daerah; (JPPR-AGENDA; 2014), Panduan Pendidikan Pemilih (tim penulis, JPPR-IFES; 2014), Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu; Pengalaman JPPR (Kontributor, Perludem-AEC; 2014), Panduan Pemberitaan Pemilu Akses bagi Jurnalis, (JPPR-AGENDA; 2015); Pengawasan Pembiayaan Pemilu 2019: Mengatasi Ruang Kosong, Pembiayaan Pemilu di Indonesia. Hingga yang terbaru yaitu buku Keadilan Pemilu yang diterbitkan PT. Rajagrafindo.

Amanah baru yang diemban Afif semenjak menjadi Anggota KPU RI Periode 2022-2027, selaku Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan serta Wakil Ketua Divisi Data dan Informasi lumayan memiliki tanggung jawab besar.

Ia juga saat itu ditunjuk sebagai Koordinator Wilayah KPU untuk provinsi Papua; Kalimantan Barat; Sulawesi Selatan; Lampung; Kepulauan Riau; dan Banten. Serta Wakil Koordinator Wilayah KPU untuk provinsi: Jawa Timur; Sulawesi Utara; Nusa Tenggara Timur; Jambi; dan Riau.

Menurutnya, peningkatan inovasi dan kolaborasi merupakan modal untuk menuju Pemilu 2024 yang lebih demokratis dan berintegritas. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut maka peraturan KPU, surat edaran, putusan, dan aturan lainnya harus taat terhadap batasan yang diatur di dalam undang-undang.

Afif berpandangan bahwa Pemilu yang efektif, efisien, dan bisa menjangkau seluruh kalangan menjadi tantangan yang harus dijawab oleh penyelenggara pemilu. Dengan segala kompleksitas yang ada, pemilu tetap harus dilaksanakan dengan anggaran yang efisien.

Selain itu, pemilu juga mesti aksesibel bagi semua kalangan, apakah penyandang disabilitas, kaum tua, kelompok marjinal, masyarakat adat, dan sebagainya. (TIM-RN)

Editor: Topan
Penulis: Asri

No More Posts Available.

No more pages to load.