Puncak Haji, Hari Ini Seluruh Jemaah Haji Bersiap Wukuf di Arafah

by -536 views
jemaah haji 2024
Jemaah Haji asal Kota Bukittinggi yang tergabung dalam kloter PDG-11 Embarkasi Padang bersama daerah lainnya tiba di Arafah, Sabtu (15/6/2024) tengah bersiap melaksanakan wukuf. (Foto: Kemenag RI)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Hari ini, 16 Juni 2024 para jemaah ibadah haji dari seluruh dunia termasuk jemaah haji Indonesia sedang melaksanakan prosesi wukuf di Arafah. Waktu wukuf di Arafah dimulai setelah tergelincirnya matahari (waktu Zuhur) pada hari Arafah.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, Muhajirin Yanis memaparkan kondisi jamaah haji asal Provinsi Kalbar yang berada di Makkah dan sedang dirawat di rumah sakit per Kamis, 13 Juni 2024 terkonfirmasi total berjumlah 5 orang.

“Kita harapkan sampai dengan pelaksanaan wukuf mereka sudah bisa keluar dari rumah sakit, dan bisa ikut melaksanakan wukuf,“ ujar Muhajirin Yanis.

Jika jamaah belum memungkinkan untuk mengikuti wukuf, maka mereka akan diwukufkan oleh panitia PPA Arab Saudi yang sudah menyiapkannya.

Sementara itu terdapat satu jamaah haji yang dirawat di KKHI dengan kondisi yang terus membaik. Kemudian untuk jamaah haji yang wafat di tanah suci sampai saat ini berjumlah 2 orang.

“Terakhir yang kemarin, semua dari Pontianak,“ jelasnya.

Dia mengharapkan jamaah yang saat ini sedang melaksanakan wukuf bisa terus menjaga kesehatannya kemudian untuk keluarga jamaah haji bisa turut mendoakan agar para jamaah bisa melakukan proses ibadah haji dengan lancar sampai dengan selesai hingga kembali ke tanah air dengan keadaan sehat walafiat.

Sementara itu, hingga tanggal 13 Juni 2024 dilansir dari Kanwil Kalbar menyebut kondisi kesehatan jemaah Haji Kalbar Kloter 19 (Kab Ketapang, Kab Kayong Utara, Pontianak, dan Kota Singkawang) di Mekkah yakni Jemaah Resti 303 orang.

Keberangkatan pesawat SAAR dari Bandara Hangnadim tanggal 31 Mei 2024 pukul 17.30 WIB, tiba dibandara King Abdul Azis Jedah tanggal 31 Mei 2024 pukul 22.01 WAS Berada di Mekkah tanggal 31 Mei 2024. Total 447 Jemaah Haji (Jemaah dan petugas).

Jemaah Haji yang sakit berjumlah 2 orang dirawat di RS atas nama Lestari Binti Suyadi (42) tahun / P Asal: Kota Singkawang No. Passpor: E5351292 Tanggal rawat: 6 Juni 2024 Diagnosis: DM tipe II dgn Hiperglikemia Rawat: KKHI Makkah.

Nama: Uti Abidin Umur: 79 tahun / L Asal: Kab. Ketapang No. Passpor: C9408465 Tanggal rawat: 8 Juni 2024 Diagnosis: STEMI Anterior Ekstensif Rawat: RS King Abdullah Kondisi: Jemaah BTH 19 dalam keadaan sehat terpantau oleh TKHI.

Diketahui pula hingga Sabtu, (15/6/2024) kemarin jumlah jemaah Haji Indonesia yang wafat secara keseluruhan yakni mencapai 121 orang. (TIM-RN)

Editor: Asri
Sumber: Kanwil Kemenag Kalbar/reaktifnews.com

No More Posts Available.

No more pages to load.