Sumastro: Kita Upayakan Stunting Singkawang Tahun Ini 14 Persen

by -539 views
stunting singkawang 2023
Stunting di Kota Singkawang pada 2023 diupayakan turun 14%. (Ilustrasi: reaktifnews.com)

Singkawang, Reaktifnews.com – Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang khususnya, terus berpacu menekan dan mempercepat penurunan stunting. Saat ini angka stunting di Kota Singkawang tercatat sebesar 23,5 %. Diharapkan pada akhir tahun 2023 dapat menurun menjadi 14%.

Penjabat (Pj) Wali Kota Singkawang, Sumastro, mengungkapkan hal tersebut di Ruang Bumi Bertuah Kantor Wali Kota dalam sebuah acara Roadshow secara daring bersama Muhadjir Effendy selaku Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Hal yang dibahas yakni soal Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem pada wilayah Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat.

“Perlu kami sampaikan ke Pak Menko, kami mengupayakan penurunan stunting bukan hanya melalui program APBD saja. Namun sekarang juga ada program bantuan sukarela dari seluruh kalangan ASN di Kota Singkawang. Mulai besok kami akan menyalurkan bantuan berupa makanan tambahan bergizi melalui kader-kader posyandu yang tersebar di seluruh Kota Singkawang,” jelas Sumastro, Selasa (14/2/2023).

Sumastro juga menyampaikan terdapat satu sektor yang menjadi indikator yang berpengaruh dalam persoalan stunting dan persoalan kemiskinan yaitu permasalahan pada sektor air bersih. Ia mengusulkan adanya program Sanimas agar tersebar ke seluruh wilayah-wilayah yang tidak terjangkau oleh pelayanan PDAM.

“Kami mengusulkan juga adanya program sanimas agar tersebar ke seluruh wilayah wilayah yang tidak terjangkau oleh pelayanan PDAM. Sehingga bisa mengimbangi pennyediaan kebutuhan air bersih bagi keluarga-keluarga miskin,” tambahnya.

Lebih lanjut dipaparkan pula oleh Sumastro soal rencana Pemkot Singkawang melakukan renovasi RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang yang merupakan RSUD rujukan dengan tipe B yang dirasa memiliki kondisi memprihatinkan dan menjadi langganan banjir saat musim hujan melanda.

Ia mengharapkan melalui Menko PMK adanya perhatian dari pusat terkait bantuan pembangunan sehingga dapat terealisasi lebih cepat.

“Kami sangat mengharapkan bisa mendapatkan bantuan dari pusat melalui DAK untuk sarana prasarana kategori lokpri. Maka kami berharap pak menko bisa memberikan perhatian agar kemenkes bisa meningkatkan kondisi bangunan rumah sakit agar lebih baik lagi.” tutup Sumastro.

Roadshow secara daring bersama Menko PMK tersebut turut disaksikan Ketua DPRD serta jajaran Forkopimda, para Kepala OPD terkait, serta perwakilan Camat dan Lurah Se-Kota Singkawang. (Top/RN/MC)

Editor|Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.