Tercanggih di ASEAN! KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 Siap Meluncur ke Gaza: Kebanggaan Indonesia

by -1,166 views
KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992
Tercanggih di ASEAN! KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 Siap Meluncur ke Gaza: Kebanggaan Indonesia. (PT PAL)

REAKTIFNEWS.COM

KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992 menjadi salah satu Kapal Bantu Rumah Sakit (KBRS) tercanggih di ASEAN yang akan dikirim ke Gaza Palestina.

Menurut penjelasan dari Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono dalam siaran persnya mengatakan bahwa KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992 dipersiapkan untuk merawat pengungsi korban perang.

“KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 sebagai salah satu kapal rumah sakit TNI dipersiapkan untuk merawat pengungsi korban perang dan akan bersiaga di perairan sekitar wilayah Gaza, Palestina,” ucap Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono pada 6 November 2023.

Informasi terkini menyebut, pengerjaan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 dilakukan di Graving Dock Irian, PT PAL, Surabaya, Jawa Timur.

“Pengecatan, cek baling-baling, radar, semua dilakukan, kemudian pembersihan,” kata CEO PT PAL Kaharuddin Djenod di anjungan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992, Kamis (23/11/2023), dikutip dari Antara.

Kaharuddin menuturkan, sampai saat ini tidak ada kendala apa pun dalam pengerjaan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 karena secara keseluruhan kondisi kapal masih baru dan mumpuni.

“Kapal ini baru lahir tahun lalu jadi masih sangat prima, sehingga perbaikan itu bukan pada main equipment (peralatan utama),” jelasnya.

PT PAL rencananya akan melakukan proses penurunan kapal atau docking pada hari ini, Jumat (24/11/2023).

“Insyaallah undocking Jumat besok (hari ini, -red) sehingga persiapan sudah hampir selesai. Masuk dock total enam hari sama besok,” ujar Kaharuddin.

Sementara Komandan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 Kolonel Laut (P) Bayu Dwi W menerangkan, pengecatan warna putih yang dilakukan sesuai dengan peraturan internasional dari hasil Konvensi Jenewa.

“Peraturan internasional di Jeneva, setiap kapal rumah sakit diwajibkan memakai warna putih,” ungkap Bayu.

Terkait kapasitas yang bisa dimuat KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 sebagai kapal rumah sakit, Bayu menyebut dalam kondisi perang seperti di Palestina, bisa memuat hingga ratusan pasien.

“Seperti kondisi saat ini 450 dengan menggunakan tambahan veil bed,” terangnya.

Sebagai Kapal Bantu Rumah Sakit, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 dilengkapi berbagai fasilitas layanan medis yang setara dengan rumah sakit tipe C di antaranya, rontgen, x-ray, computed tomography (CT) scan, poli gigi, hingga laboratorium darah serta ruang operasi.

“Ruang operasi ada lima di kapal ini, jadi cukup banyak kalau untuk di medan tugas,” kata dia.

Lebih lanjut, Bayu mengatakan, pihaknya masih menunggu informasi mengenai waktu pemberangkatan serta jumlah tenaga medis yang dibawa.

“Kami ke sini cuma cat kapal, warranty (garansi) masih di sini. Rencana dari Mabes TNI membentuk tim kesehatan gabungan dari matra darat, laut, dan udara,” tutur Bayu.

Nantinya, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 disiapkan tidak hanya untuk keperluan medis tetapi juga sebagai sarana pengangkutan bantuan logistik untuk masyarakat di Gaza, Palestina.

“Kami siap menjalankan tugas sesuai arahan atasan dan menjalankan perintah dengan baik,” pungkasnya. (tw/asr)

No More Posts Available.

No more pages to load.