Tradisi Emak-emak Sijangkung Berbagi Takjil di Masjid Baitul Jannah

by -682 views
jadwal penyedia takjil ramadhan di masjid baitul jannah sijangkung 2024
Jadwal penyedia takjil Ramadhan 1445 H/2024 M di Masjid Baitul Jannah Sijangkung, Singkawang, Kalimantan Barat. (Istimewa)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Emak-emak di Sijangkung, Singkawang Selatan, Kota Singkawang melakukan aksi berbagi takjil di Masjid Baitul Jannah Sijangkung, sejak Selasa (12/3/2024).

Aksi berbagi ini juga telah dilakukan secara rutin beberapa tahun terakhir saat bulan Ramadhan tiba hingga berakhirnya bulan Ramadhan di wilayah tersebut.

Sebagaimana diketahui, meski usia umat nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam tidak sepanjang umat-umat sebelumnya namun Allah ta’ala memberikan keutamaan yang besar pada berbagai amalan istimewa khususnya disaat bulan Ramadhan.

Mari berhitung menurut logika sederhana manusia

Kita simak dulu hadis yang mulia ini:

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no 807)

Nah, jika selama 30 hari kita puasa sekaligus menyediakan makanan berbuka untuk 1 orang saja setiap hari

Maka selama satu bulan di tahun ini kita seakan mendapatkan keutamaan puasa Ramadan 60 hari. Itu baru hitungan minimalnya manusia, sedangkan Allah Maha luas rahmat-Nya.

Di bulan yang penuh berkah ini Allah ta’ala melipatgandakan setiap amal saleh terlebih apabila bertepatan dengan malam Lailatul Qadar tentu semakin melimpah pula pahalanya.

Itu baru memberi sekali atau 1 porsi makanan berbuka

Bagaimana jika setiap satu hari di bulan Ramadan kita memberikan lebih dari itu? Bisa jadi besarnya keutamaan pahala yang kita dapatkan melampaui batas usia kita di dunia.

Itulah keutamaan umat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, usianya tidak sepanjang umat sebelumnya namun amalannya bisa melampaui batas usianya.

Mari kita meraih sebanyak-banyaknya pahala keutamaan dengan memberi santapan berbuka untuk kaum muslimin yang berpuasa Ramadan. (top/tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.