Usai Gelar WHRCF 2023 bersama Pj Wali Kota Singkawang, Korsel Bersiap Tuan Rumah World Environment Day 2025

by -745 views
sumastro di korsel
Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro (kedua kiri) saat pembukaan Forum Kota Hak Asasi Manusia Dunia alias World Human Right Cities (WHRCF) 2023 di Gwangju Metropolitan City South Korea, Rabu (4/10) lalu. (Foto: Kominfo Singkawang)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Setelah sukses menggelar World Human Right Cities Forum (WHRCF) yang turut dihadiri Pj Wali Kota Singkawang Sumastro pada 2023 lalu, kembali Korea Selatan mendapat kepercayaan dari organisasi PBB yang bergerak pada bidang lingkungan (UNEP) untuk menjadi tuan rumah peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2025 dengan fokus mengakhiri polusi plastik.

“Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 2025 akan menjadi momen penting bagi konservasi lingkungan global seperti yang kita harapkan untuk mencapai kesepakatan plastik global. Sebagai negara tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2025, Republik Korea akan memimpin upaya internasional untuk mencegah polusi plastik,” kata Menteri Lingkungan Hidup Republik Korea Han Wha-jin, dilansir UN environment programme, Rabu (5/6/2024).

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1972. Selama lima dekade terakhir, Hari ini telah berkembang menjadi salah satu platform global terbesar untuk penjangkauan lingkungan hidup. Puluhan juta orang berpartisipasi secara online dan melalui aktivitas, acara, dan aksi tatap muka di seluruh dunia.

Dunia memproduksi lebih dari 430 juta ton plastik setiap tahunnya, dua pertiganya merupakan produk berumur pendek yang segera menjadi sampah, memenuhi lautan dan, sering kali, masuk ke dalam rantai makanan manusia.

Sementara di tahun ini Korsel juga akan menjadi tuan rumah Sesi Kelima Komite Negosiasi Antarpemerintah mengenai polusi plastik, termasuk di lingkungan laut. Negosiasi tersebut bertujuan untuk mengembangkan instrumen internasional yang mengikat mengenai polusi plastik, sebagaimana diamanatkan oleh resolusi Majelis Lingkungan Hidup PBB 5/14.

Membersihkan bumi dari polusi plastik merupakan kontribusi penting untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, termasuk tujuan mengenai aksi iklim, produksi dan konsumsi berkelanjutan, perlindungan laut dan samudera, serta perbaikan ekosistem dan pelestarian keanekaragaman hayati.

“Mitra yang kuat dan kemitraan yang kuat adalah tulang punggung multilateralisme lingkungan hidup, dan UNEP berterima kasih kepada Republik Korea karena telah menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2025 dalam upaya mengakhiri polusi plastik,” kata Inger Andersen, Direktur Eksekutif dari UNEP. (TIM-RN)

Editor: Topan
Sumber: unep.org/reaktifnew.com

No More Posts Available.

No more pages to load.