Waspada! Jelang Pemilu 2024 Rawan Penipuan via Whatsapp

by -1,147 views
waspada penipuan via whatsapp
Foto: Ilustrasi penipuan mulai marak jelang Pemilu 2024. Warga diminta waspada. (reaktifnews.com/ tim)

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Upaya penipuan melalui Whatsapp masih marak terjadi. Pelaku lazimnya melakukan social engineering atau memanipulasi psikologis korban untuk mendapatkan akses informasi tertentu yang seharusnya terbatas.

Salah satu yang menjadi incaran pelaku adalah informasi untuk membobol rekening korban. Sepanjang 2023, aksi penipuan dilakukan dengan mengirim file apk dalam tampilan foto paket, tagihan, pengumuman bank, hingga undangan pernikahan.

Terbaru, pelaku memanfaatkan momentum pemilu dan mengirim file apk dengan modus pemberitahuan tempat pemungutan suara (TPS).

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pada dasarnya untuk mencegah jadi korban adalah tak memedulikan kiriman file apk.

“Jangan didownload apk. APK itu kan kaya program. Waktu kamu buka itu kan pasti dia download softwarenya,” kata dia di sela acara Peluncuran Literasi Digital Publik 2022, mengutip CNN Indonesia, Minggu (21/1/2024).

Pasalnya file itu menjadi jembatan masuk bagi malware atau program jahat yang bisa membuat pelaku mengakses Hp korban dan mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan untuk menguras rekening atau dompet digital.

Hoaks PPS

Modus apk terbaru adalah menyamarkannya dalam file bernama “PPS PEMILU 2024”. Menurut Kominfo, file itu sebenarnya adalah modus penipuan.

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo misalnya, melalui akun X/Twitter resminya @sukoharjo_kab memberikan klarifikasi dan memperingatkan warganya bahwa file apk PPS PEMILU 2024 tersebut mirip dengan modus penipuan apk undangan pernikahan.

Ketika diklik dan di-install, apk tersebut akan meminta akses SMS. Dari sini, pelaku mendapatkan One Time Password (OTP) hingga username dan password mobile banking korban.

Untuk menghindari risiko seperti ini, Kominfo menyarankan masyarakat untuk mendownload aplikasi hanya dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store atau App Store. (tim/top/RN)

No More Posts Available.

No more pages to load.