Kenyang Gak Harus Nasi, Ini Olahan Recommended dari Talas

by -1,523 views
Talas Singkawang.
Talas unggul Singkawang, Kalimantan Barat. (Foto/Dok: Topan/Ist)

Singkawang, REAKTIFNEWS.com — Sejatinya potensi bahan pangan lokal yang ada di Singkawang sangat melimpah. Jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi bahan pangan lokal masih cukup banyak, satu diantaranya talas.

Umumnya, orang menikmati talas dengan cara dikukus. Namun, ada beberapa cara lain untuk mengolah umbi talas agar menjadi makanan yang lezat.

Talas (Colocasia esculenta) juga disebut eddo atau dasheen, merupakan tanaman tropis asli Asia Tenggara yang menghasilkan sayuran akar bertepung dnegan kulit luar berwarna coklat dan daging putih dengan bintik ungu.

Secara Teknis Tepatnya Umbi Talas

Meskipun sering disebut sebagai “akar talas”, sayuran ini secara teknis bukanlah akar tetapi umbi, atau batang bawah tanah.

Mengutip dari harvesttotable.com, daun talas dan umbinya beracun jika dimakan mentah karena tingginya kadar kalsium oksalat, tetapi bisa dimakan dengan aman setelah dimasak.

Talas dapat dimasak dengan cara apa pun yang Anda inginkan untuk memasak kentang, termasuk dikukus, direbus, dihaluskan, direbus, digoreng, atau dipanggang. Teksturnya yang padat dan kering membuatnya sangat cocok untuk memasak dengan suhu tinggi seperti menggoreng dan memanggang.

Rekomendasi

1. Stik Talas

Bila Anda bosan dengan stik kentang atau singkong, Anda dapat menggantinya dengan talas. Stik talas merupakan salah satu camilan bercita rasa gurih asin yang mudah dibuat.

Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu memotong talas seukuran korek api lalu lumuri dengan bumbu yang terbuat dari bawang putih dan sedikit garam.

Setelah itu goreng hingga kering dan teksturnya renyah. Anda juga dapat mengkreasikannya dengan menambah bumbu-bumbu perasa, sepeti balado, BBQ, dan lain sebagainya.

2. Lapis Talas

Berbicara soal olahan talas, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya lapis talas. Lapis talas merupakan kue khas Kota Bogor. Bahan utama dari lapis talas ini adalah tepung talas. Kue lapis talas bertekstur lembut yang cocok dinikmati sambil bersantai.

3. Talas Goreng

Olahan talas yang satu ini saat bersantai bersama keluarga. Rasanya yang gurih dan renyah dapat menggoyangkan lidah siapapun yang menikmatinya. Proses pembuatannya juga tak terlalu memakan banyak waktu.

Cukup serut talas lalu campur dengan adonan cair dari tepung terigu, tepung sagu, telur, dan bawang putih. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat dan goreng dengan banyak minyak hingga kecokelatan.

4. Es Krim Talas

Selain dapat dijadikan makanan, talas juga bisa diolah menjadi es krim. Cara membuatnya, campur talas kukus yang telah dihaluskan, santan, susu kental manis, dan pewarna ungu menggunakan mixer hingga lembut. Lalu bekukan hingga mengeras dan langsung sajikan dengan topping pilihan favoritmu.

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat banyak orang tertarik ingin mencobanya. Ditambah, warna ungu yang dihasilkan dari umbi talas ini yang dapat menjadi daya tarik untuk mencicipi nya. (top/net/rn)

 

 

Editor|Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.