Pj Wali Kota Singkawang Sumastro: Manfaatkan Teknologi Digital Secara Bijak dan Beretika

by -795 views
Pj Wali Kota Singkawang Sumastro.
Pj Wali Kota Sumastro di acara Talk Show Festival Literasi Digital di Singkawang Grand Mall, Sabtu (26/8/2023) malam. (Dok. Foto: Media Center Singkawang/RN)

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro menjadi pembicara Talk Show Festival Literasi Digital di Singkawang Grand Mall, Sabtu (26/8/2023) malam.

Festival Literasi Digital 2023 dengan tema “Berani Bersuara Dengan Cakap Digital” ini digelar Kementerian Kominfo RI bekerjasama dengan PT Interforum Convex dan Dinas Kominfo Singkawang.

Selain Pj Wali Kota, turut menjadi pembicara yakni Saykoji Raper Indonesia, Dwi Wahyudi dari RTIK Kalbar dan Rizki Ameliah dari Kementerian Kominfo RI. Talk show dipandu langsung oleh moderator Tommy Lim seorang aktor dan youtuber.

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan Festival Literasi Digital ini untuk mendorong peningkatan pengetahuan teknologi informasi bagi masyarakat khususnya di Kota Singkawang dan sekotarnya. Menurutnya, literasi digital merupakan sebuah proses persiapan SDM dalam pemanfaatan teknologi baru.

“Proses tersebut diharapkan dapat menghasilkan masyarakat yang cerdas dan cakap menggunakan teknologi digital,” katanya.

Maraknya kejahatan di dunia digital seperti kejahatan siber dan penyebaran berita bohong, kata Sumastro akibat masyarakat hanya tahu menggunakan teknologi digital tanpa memahami etikanya.

“Oleh karena itu, pemerintah harus berkolaborasi untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan dengan etika dan nilai-nilai kebenaran tanpa meninggalkan nilai-nilai kebudayaan,” ujarnya.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk bijak menggunakan teknologi digital terlebih menggunakan sosial media.

“Manfaatkan teknologi digital dengan sebaik-baiknya. Mendapatkan informasi dan memasarkan suatu produk juga dapat melalui digital. Namun harus digunakan secara bijak dan beretika,” pesannya. (MC/RN)

No More Posts Available.

No more pages to load.