Dilantik, Pengurus Ikatan Keluarga Maluku SINGBEBAS Periode 2020-2025

by -1,238 views
pelantikan ikm singbebas 2020-2025
Pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Maluku (IKM) SINGBEBAS Periode 2020-2025 berlangsung khidmat dan penuh rasa kekeluargaan. (Foto Dok : Topan)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalimantan Barat) – Acara pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Maluku (IKM) SINGBEBAS Periode 2020-2025 berlangsung khidmat dan penuh rasa kekeluargaan. Acara berlangsung pada Sabtu (10 April 2021), Pukul 10.00 WIB di Taman Teratai Indah Singkawang.

Turut hadir dalam rangkaian acara pelantikan kali ini antara lain, para ketua paguyuban etnis di Kota Singkawang. Termasuk ketua Majelis Seni Budaya (MSB) Kota Singkawang, ketua DAD, MABT Kota Singkawang, ketua Pemuda Thionghoa Kal-Bar, ketua Pemuda Dayak, ketua PFKPM Kota Singkawang, FKPELA Kota Singkawang, Komandan Kodim 1202 Skw Letkol Inf Condro Edi Wibowo, Kapolsek Singkawang Barat Kompol Sitorus, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Ahyadi, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Drs. Heri Apriyadi, dan tamu undangan lain dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pelantikan diawali tarian Adat Maluku, Tari Lenso (Sapu Tangan) oleh remaja putri Maluku yang biasa ditampilkan untuk menyambut tamu kehormatan. Memasuki acara inti Pengukuhan Pengurus IKM SingBeBas, Dewan Penasihat IKM menyerahkan bendera Pataka IKM kepada Ketua Umum terpilih, F William Soumokil, serta pembacaan pakta integritas pengurus IKM SingBeBas yang bermuara pada kesetiaan pada Pancasila dan UUD 1945, pelestarian nilai-nilai adat budaya orang Maluku serta menjaga perdamaian dan toleransi di tengah masyarakat yang majemuk.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IKM menyampaikan visi dan misi Ikatan Keluarga Maluku SingBebas dimana warga Maluku di wilayah SingBeBas telah berkembang pesat dan menjadi bagian dari keragaman etnis di kota Singkawang yang merupakan kota paling toleran di Indonesia. Sehingga warga Maluku SingBebas wajib menjunjung tinggi nilai nilai adat budaya orang Maluku dan menjaga perdamaian serta toleransi dan membangun organisasi IKM mendukung pemerintah dalam berbagai pembangunan di wilayahnya, yang mana pembangunan tidak hanya dilihat secara fisik namun diantaranya membangun SDM yang berkualitas.

Di kesempatan ini pula para undangan turut diperkenalkan secara singkat tarian khas orang Maluku tari Toki Gaba Gaba yang atraktif dan lagu lagu daerah orang Maluku yang bertemakan persaudaraan orang Maluku yang erat. Acara kemudian ditutup dengan doa bersama dan menikmati hidangan makanan khas orang Maluku. Melalui acara ini di tengah masyarakat majemuk di kota Singkawang terlihat rasa persaudaraan dan persatuan yang begitu dekat.

Kepada reaktifnews.com dikatakan ketua pengurus IKM SingBeBas terpilih, F William Soumokil, mengatakan harapannya ke depan semangat persatuan dan persaudaraan akan selalu terjalin harmonis di Kota Singkawang tercinta.

“Kedepan diharapkan pengurus dapat mulai bekerja dengan penuh tanggung jawab sehingga apa yang telah kita lakukan saat ini akan menjadi sebuah momen penting bagi seluruh warga Maluku di SingBebas untuk berkontribusi positif di tengah masyarakat,” terang William. (Topan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.