Ini Pesan Mendagri saat Penutupan Rakor Penjabat Kepala Daerah

by -1,214 views
Penutupan Rakor Pj Kepala Daerah.
John Wempi Wetipo (Wamendagri) saat menutup Rakor Pj Kepala Daerah. Foto: Dok. Kemendagri

Jakarta, REAKTIFNEWS.com

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo resmi menutup Rapat Koordinasi (Rakor) Penjabat (Pj.) Kepala Daerah yang berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Wempi mengatakanbeberapa hal, diantaranya langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan oleh Pj. kepala daerah adalah membangun soliditas dan konsolidasi pemerintahan, terlebih sebelum digelarnya Pilkada 2024. Dia juga menekankan, pentingnya meningkatkan aktivitas ekonomi di daerah. Ini misalnya dengan mengoptimalkan anggaran yang dimiliki untuk menyejahterakan masyarakat.

Di lain sisi, Wempi juga mengingatkan Pj. kepala daerah agar menjaga keamanan dan ketertiban umum yang terkait dengan konflik sosial, terlebih menjelang Pemilu 2024. Sukses tidaknya gelaran tersebut salah satunya bergantung pada kinerja Pj. kepala daerah.

“Jadi Bapak/Ibu sekalian sekali saya mohon agar kita membuka diri untuk menerima semua kelompok masyarakat, baik partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh intelektual mari kita bersama-sama supaya kita menjadi penengah yang baik, supaya situasi di daerah dapat terjaga dengan baik,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Wempi juga kembali mengingatkan pesan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. Dia mengingatkan Pj. kepala daerah agar jangan sampai terkena kasus hukum dan selalu mempedomani segala ketentuan peraturan perundang-undangan. Pj. kepala daerah juga diarahkan agar melakukan perubahan yang bermanfaat serta berinovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Pj. kepala daerah harus mampu menjadi role model melalui upaya memperkuat komunikasi dengan pemerintah pusat, membangun hubungan yang baik dengan perangkat kerja, dan lebih sering berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk menjawab berbagai kebutuhan. “Pada akhirnya dapat meninggalkan nama dan kesan yang baik di daerah pada saat mengakhiri tugasnya,” tandasnya. (Top/Kemendagri)

No More Posts Available.

No more pages to load.