Kota Pesona, Tiga Gerbang Singkawang Rampung Diresmikan

by -2,004 views
tiga gerbang singkawang
Ilustrasi 3 gerbang Kota Singkawang. /reaktifnews.com.

Singkawang, Reaktifnews.com – Kota Singkawang memang punya banyak tempat wisata Instagramable. Baik yang berada di tengah kota, pesisir hingga di perbukitan.

Bicara soal Instagramable, 3 (tiga) gerbang/gapura yang baru diresmikan antara lain Mahligai Pesisir di Singkawang Utara (Singkawang-Sambas), Cap Go Meh di Singkawang Selatan (Singkawang-Bengkayang) dan Tama Ka’ Lawakng di Singkawang Timur (Singkawang-Bengkayang) menambah destinasi baru pariwisata sejak diresmikan.

Sebagaimana diketahui, gerbang (gapura) tak hanya dipakai sebagai entrance (jalan masuk) semata, namun juga bisa dimaknai sebagai penanda (identitas) suatu kawasan, kompleks perumahan, kompleks perkantoran, hingga sebagai wajah depan sebuah territorial, bahkan benteng pertahanan kedaulatan sebuah negara.

Hal tersebut juga mendasari Pemkot Singkawang menjadikan gerbang yang ada menjadi pembeda kekhasan satu dengan lainnya. Mahfum disebut gapura, namun sejatinya gerbang sebagai pintu utama menuju kawasan berbeda.

Dalam konteks arsitektur, tiga gerbang yang dimiliki Kota Singkawang yang dibangun tentunya telah melewati bahan kajian keilmuan. Baik dari sisi fungsional, teknis, artistik, bahkan historinya.

Menjadi catatan penting berdirinya 3 (tiga) gerbang Kota Singkawang tersebut menjadi sinyal pentingnya seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kerukunan, kedamaian dan kekondusifan Kota Singkawang di tengah-tengah keberagaman suku, etnis, agama dan budaya yang mewarnai Kota Singkawang sehingga Kota Singkawang benar-benar menjadi konsep nyata miniaturnya di Indonesia. (top/rn)

Editor|Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.