Semarak Jelang HUT RI Ke-78 di Sijangkung, Warga Gotong Royong Babat Semak Belukar Tepi Jalan

by -1,083 views
Gotong royong warga Sijangkung.
Warga bergotong royong di sepanjang Jalan Pertanian Sijangkung dalam rangka HUT RI Ke-78. (Ist/topan)

Singkawang, REAKTIFNEWS.com

Sejumlah warga Sijangkung, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang bersama-sama bergotong royong membersihkan lingkungan dan badan jalan dari rimbunan semak belukar.

Ketua RT/RW 021/004, Fransiskus mengatakan, kegiatan itu dilakukan guna menjaga perlintasan jalan tetap bersih dan rapi. Warga juga membersihkan semak belukar dan tumbuhan liar yang ditemukan di kanan kiri sisi jalan sepanjang jalan raya Pertanian yang dibangun oleh Pemkot Singkawang melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) beberapa tahun lalu.

“Giat kita mulai pagi pukul 06.00 WIB. Kalau kiri dan kanan badan jalan ini terlihat bersih dan tidak ada tumbuhan liar yang menghalangi pemandangan, maka saat melintas juga menjadi enak dan nyaman,” kata Fransiskus yang kerap disapa Pak RT Ingge ini, Minggu, 6 Agustus 2023.

Ia berharap, kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh gabungan RT ini bisa menjadi tradisi dan mengeratkan antar sesama warga, berkelanjutan dan dilaksanakan rutin secara berkala.

“Budaya gotong royong ini harus terus ditingkatkan, jangan sampai luntur karena ditelan modernisasi,” pesan Ingge.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna wilayah setempat, Doris menyampaikan, kegiatan gotong royong ini memang difokuskan pada pembersihan ruas jalan.

“Warga maupun pengendara juga diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan. Mari semarakkan HUT RI tahun ini dan tetap jaga kekompakan,” kata dia.

Sebelumnya, Camat Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Apriyanto, juga telah mengeluarkan himbauan dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-78 agar Lurah se-Kecamatan Singkawang Selatan untuk aktif menggerakkan serta memonitoring RT bersama warga di wilayahnya masing-masing.

Hal tersebut bertujuan agar HUT RI Ke-78 tahun 2023 kali ini dapat terlaksana secara gotong royong dan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. (Ist/TWA-RN)

No More Posts Available.

No more pages to load.