SIJANTAN OPTIMUS, Cara Kekinian Deteksi Jalan dan Jembatan Rusak di Kota Singkawang

by -1,455 views
Kegiatan pemeliharaan rutin jalan oleh Dinas PUPR Singkawang
Kegiatan pemeliharaan rutin jalan oleh Unit Pemeliharaan Rutin Jalan dan Jembatan dinas PUPR Kota Singkawang. (Foto: Dok. PUPR Singkawang/RN)

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Singkawang terus mengembangkan berbagai inovasi teknologi. Salah satu inovasi Dinas PUPR Singkawang adalah memanfaatkan aplikasi mobile Sistem Informasi Jalan dan Jembatan Sebagai Upaya Optimalisasi Infrastruktur Jalan Mantap Untuk Singkawang (SIJANTAN OPTIMUS).

Aplikasi Sijantan Optimus merupakan aplikasi yang dapat menerima laporan masyarakat secara real time mengenai kondisi jalan bila terjadi kerusakan. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Bina Marga dan Jasa Konstruksi (Kabid BMJK) Dinas PUPR Singkawang, Arfani, kepada REAKTIFNEWS pada Selasa (22/8/2023).

Arfani menjeleskan, selain aplikasi Sijantan Optimus bisa diunduh melalui ponsel, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat umumnya untuk ikut membantu memantau dan bila menemukan kondisi jalan yang rusak dapat melaporkan melalui aplikasi dimaksud.

“Sejak laporan diterima maka pihak kami akan ke lokasi rusak tersebut dan merumuskan langkah-langkah lanjutan yang akan dilaksanakan,” tegas Arfani.

Arfani juga berharap kedepan dengan beroperasinya aplikasi Sijantan Optimus Dinas PUPR Singkawang bidang BMJK dapat membuat annual report sehingga diharapkan pihak swasta atau pengusaha dapat menyalurkan CSR mereka di pembangunan infrastruktur jalan.

Demikian halnya diharapkan pemerintah pusat juga dapat menyalurkan program atau anggaran kepada pemerintah Kota Singkawang melalui dana DAK atau program Intruksi Presiden (Inpres) untuk jalan daerah, khususnya di Kota Singkawang. (yan/RN)

No More Posts Available.

No more pages to load.