Uzbekistan Mengalahkan Indonesia untuk Menjaga Impian Gelar Juara di Piala Asia AFC U23 

by -935 views
selebrasi timnas uzbekistan usai mengalahkan timnas indonesia di afc u23
Selebrasi para pemain Uzbekistan usai mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor akhir 2-0 pada laga semi final Piala Asia AFC U23, Senin (29/4). (Official AFC CUP U23/ RN)

REAKTIFNEWS.COM, DOHA – Uzbekistan mencapai final Piala Asia AFC U23 untuk ketiga kalinya dalam empat edisi setelah mengalahkan Indonesia 2-0 di semifinal Qatar 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa pada Senin (29/4) malam waktu Indonesia.

Kemenangan tersebut juga menjamin Uzbekistan mendapat tempat di Olimpiade, sedangkan Indonesia harus lolos ke peringkat ketiga pada Kamis jika ingin lolos ke Paris 2024.

Tindakan berani dilakukan pelatih Uzbekistan Timur Kapadze saat melakukan enam pergantian pemain untuk tim yang mengalahkan Arab Saudi saat perempat final, termasuk mengganti Khusain Norchaev yang menjadi penentu kemenangan saat itu. Sementara Shin Tae-yong melakukan tiga pergantian pemain – Ramadhan Sananta menggantikan Rafael Struick yang diskors.

Uzbekistan dengan cepat mendapatkan kembali ritme mereka ketika Abbosbek Fayzullaev mendikte permainan melalui lini tengah, dengan penanda mereka Ivar Jenner berjuang untuk mengatasi kelihaian dan pergerakan gelandang CSKA Moskow.

Dua peluang awal tercipta dari sisi kanan, Alisher Odilov memaksa Ernando Ari melakukan penyelamatan refleks di tiang dekatnya, disusul lari dari Ulugbek Khoshimov yang diakhiri dengan tembakan yang melebar dari tiang.

Mulut gawang Indonesia melalui Ernando sebenarnya tampil impresif ketika gelandang Abdurauf Buriev melepaskan tembakan keras pada menit ke-30 yang berhasil menaklukkan Ernando namun gagal membentur mistar gawang. Namun, yang penting bagi tim Asia Tenggara adalah Uzbekistan tidak mampu memanfaatkan dominasinya.

Kapadze kemudian kembali memasukkan Jasurbek Jaloliddinov dan Norchaev di babak kedua, saat Uzbekistan terus menambah penekanan pada gawang Indonesia berkat upaya Zafarmurod Abdirakhmatov, Odilov dan Jaloliddinov.

Pada lini serang, Indonesia seolah baru memecah kebuntuan pada menit ke-61 setelah Muhammad Ferrari menjebol gawang lawan setelah terjadi baku perebutan bola di pertahanan Uzbekistan, namun gol tersebut dianulir karena Ramadhan dalam posisi offside.

Setelah mengatasi tekanan mereka, Uzbekistan memimpin tujuh menit kemudian ketika Muhammadkodir Hamraliev memberikan umpan silang sempurna dari kanan yang dapat dibelokkan oleh Norchaev.

Uzbekistan berusaha keras untuk mencetak gol kedua, tendangan Fayzullaev dan Norchaev membentur tiang sebelum tembakan Umarali Rakhmonaliev dengan baik di bawah tekanan Ferrari.

Harapan Indonesia untuk bangkit pupus pada menit ke-84 setelah wasit Shen Yinhao mengeluarkan Rizky Ridho karena pelanggaran keras terhadap Jaloliddinov setelah tinjauan VAR.

Dari tendangan bebas berikutnya, Uzbekistan menggandakan keunggulan setelah Ernando hanya mampu memblok tembakan kuat Jaloliddinov, sundulan rebound Abdukhodir Khusanov membentur tiang, namun dalam perebutan bola, Pratama Arhan dan penjaga gawang Ernando juga terkesan kurang komunikasi, saat bek kiri Indonesia itu memasukkan bola ke gawang. (TIM-RN)

Pewarta: Yudi
Editor : Topan
COPYRIGHT @REAKTIFNEWS 2024

No More Posts Available.

No more pages to load.