Wow, Aplikasi Si-MERAK MENOR Hadir di Singkawang

by -2,150 views
flyer Aplikasi Media Reklame untuk Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan
Flyer Aplikasi Media Reklame untuk Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (Si-MERAK MENOR) oleh bidang Penataan Ruang, Bangunan dan Lingkungan PUPR Singkawang. (Ist/RN)

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Inovasi di Kota Singkawang saat ini kian pesat, hal tersebut disadari atau tidak bertujuan demi memenuhi kebutuhan masyarakat dan mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan data pertumbuhan PDRB Kota Singkawang bahwa sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor menjadi penyumbang terbesar dalam laju pertumbuhan PDRB di Kota Singkawang. Salah satu pendukung dalam sektor perdagangan adalah media reklame (periklanan) yang memiliki peran yang sangat penting dalam promosi dan penyampaian informasi kepada masyarakat.

Guna lebih menumbuhkan hal ini maka kehadiran Aplikasi Media Reklame untuk Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan atau disingkat “Si-MERAK MENOR” menjadi salah satu solusi layanan informasi dan pelaporan yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai stake holder di Kota Singkawang.

“Manfaatnya sebagai database media reklame dalam bentuk digital yang mudah diakses oleh berbagai stake holder. Jadi kegiatan monitoring dan evaluasi juga lebih mudah, masyarakat dalam menyampaikan laporan dan tindak lanjut terhadap laporan dapat segera dilakukan. Termasuk memudahkan pihak pelaku usaha/vendoor dalam memanfaatkan ruang untuk reklame sesuai peraturan yang berlaku,” Rachmat Kurniawan, ST selaku Kepala Bidang, Penataan Ruang, Bangunan dan Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Singkawang, Rabu (15/11/2023).

Lanjutnya, pembangunan aplikasi ini kedepannya akan berbasis android. “Ini merupakan implementasi dari aksi perubahan dan akan berbasis android kedepannya. Tagline aplikasi ini Satu Aplikasi Banyak Manfaat; Aplikasi Media Reklame Terintegrasi,” urai pria yang tengah diklat di Puslatbang KDOD Lembaga Administrasi Negara Samarinda ini.

Disebutkan pula bahwa aplikasi ini akan dibangun dan dikembangkan melalui beberapa tahapan. Untuk tahapan jangka pendek (2 bulan) adalah tersedianya data base media reklame dalam bentuk digital.

Untuk tahapan jangka menengah (3 bulan-1 tahun) adalah terlaksananya pengembangan aplikasi untuk fitur monev, informasi Kawasan reklame dan pelaporan oleh masyarakat. Sedangkan untuk jangka Panjang (1-2 tahun) adalah terwujudnya aplikasi media reklame yang berbasis android dan terintegrasinya aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai stake holder terkait.

Rachmat berharap aksi perubahan ini akan memberikan manfaat bagi Pemerintah Kota Singkawang dalam hal pelaksanaan percepatan inovasi daerah, terintegrasinya data base reklame, fungsi pengawasan dan monitoring, pelaporan dan pemanfaatan ruang untuk reklame dalam satu aplikasi, kemudahan koordinasi antar stake holder perangkat daerah terkait dalam membuat kebijakan terhadap media reklame serta meningkatkan peran masyarakat dalam pengawasan terhadap pembangunan di Kota Singkawang.

“Semoga ikhtiar ini bermanfaat khususnya dengan terintegrasinya data base reklame yang meliputi fungsi pengawasan, monitoring, pelaporan dan pemanfaatan ruang untuk reklame dalam satu aplikasi. Termasuk memudahkan koordinasi antar stake holder perangkat daerah terkait dalam membuat kebijakan terhadap media reklame. Dan tak kalah penting juga kehadirannya nati memberikan peran masyarakat juga,” pungkas Rachmat. (TW/*)

No More Posts Available.

No more pages to load.