Masalah Pendangkalan Sungai Hingga Turap Ambruk, Pemkot Singkawang Jangan Tidur!

by -1,393 views
Turap sungai ambruk di Singkawang.
Kondisi turap sungai di kawasan Alianyang, Singkawang Barat, Kota Singkawang yang ambruk, Senin (21/8/2023). (Foto: Dok. reaktifnews.com)

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Sejak beberapa waktu lalu beberapa titik turap (sheet pile) sungai tepatnya di kawasan Alianyang Singkawang, Kuala, Singkawang Barat, Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat ambruk dan belum ada penangan serius.

Ambruknya turap tersebut menjadi bukti terjadinya abrasi pada perairan Sungai Singkawang yang berakibat semakin menyempitnya aliran sungai dan membahayakan lalu lintas kapal motor para nelayan.

Beberapa warga juga merasa heran dengan kondisi turap Sungai Singkawang yang ambruk tersebut, pasalnya pemasangan turap tersebut usianya belum sampai 10 tahun.

“Kok bisa begitu kita juga heran, padahal usia pemasangan turap-turap itu belum sampai 10 tahun. Bahkan sudah berbulan-bulan tidak ada perhatian pemerintah,” ungkap Anjang, salah satu warga sekaligus nelayan ini, Senin (21/08/2023).

Warga lainnya, Agus, menilai soal kondisi robohnya turap tersebut akibat pendangkalan Sungai Singkawang. Hal ini disebabkan antara lain karena luapan air sungai khususnya saat menjelang air mengalami pasang.

“Alur sungai mulai dangkal, jadi air mudah meluap waktu kondisi pasang. Soal teknis pengerjaan kita kurang ngerti, yang pasti itulah penyebabnya,” ujar Agus.

Selain meminta perhatian serius permasalahan turap Sungai Singkawang yang roboh agar segera diperbaiki oleh Pemkot Singkawang, warga khususnya para nelayan juga meminta agar pendangkalan Sungai Singkawang yang kembali terjadi ini segera diatasi.

“Pemkot jangan tidur. Tolonglah masalah sungai ini diperhatikan serius, para wakil rakyat juga harusnya lebih bersuara lantang. Jangan cuma sibuk pasang baliho saja untuk cari perhatian,” pungkas Anjang.

Pj Wali Kota Lakukan Peninjauan

Hingga berita ini diturunkan, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro bersama Kepala Dinas PUPR Singkawang telah melakukan peninjauan terkait robohnya turap Sungai Singkawang yang tampak mencolok tersebut tepatnya di kawasan Pasar Alianyang Singkawang.

Diharapkan peninjauan langsung oleh Pj Wali Kota bersama Kadis PUPR Singkawang kali ini dapat langsung merumuskan penanganan segera seluruh turap disepanjang Sungai Singkawang untuk memastikan agar seluruh turap tersebut dalam kondisi layak. (top/RN)

No More Posts Available.

No more pages to load.