Oktober Jadi Bulan Spesial 2 Kota di Kalbar dan Kota Lain di Indonesia

by -1,249 views
Logo resmi HUT Kota Pontianak dan Kota Singkawang.
Logo resmi HUT Kota Pontianak dan Kota Singkawang. (Ilustrasi: reaktifnews.com)

REAKTIFNEWS, Singkawang Kota – Bagi setiap daerah/kota, mungkin memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari jadinya.

Merujuk pada wikipedia.org., setidaknya ada 11 kota di Indonesia yang merayakan hari jadinya pada bulan Oktober dan dua kota tersebut diantaranya sama-sama berada di provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yakni Kota Pontianak dan Kota Singkawang.

Khusus untuk Kota Pontianak dan Kota Singkawang, bagaimana kedua kota di Kalbar ini merayakan hari lahirnya. Yuk, simak!

Kota Singkawang

Hari ulang tahun (HUT) Kota Singkawang jatuh pada tanggal 17 Oktober. Tahun ini, Singkawang telah memasuki usia ke-21. Singkawang bukan hanya milik warganya saja, namun juga masyarakat Kalimantan Barat dan Indonesia secara keseluruhan. Hal ini karena Singkawang menjadi miniatur kondisi keberagaman di tanah air.

Untuk itu, tidak ada salahnya turut merayakan peringatan hari ulang tahun Kota Singkawang yang ke-21. Pemerintah Kota (Pemkot) dalam acara HUT kali ini mengusung tema Singkawang Bersinergi. Rangkaian acara perayaan HUT pun mulai digelar 14 Oktober nanti hingga 28 Oktober 2022.

Beberapa kegiatan menyemarakkan Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang ke-21 dihimpun dari singkawangkota.go.id, yakni :

– Fun Bike 2,1 Km, Jumat (14/10/2022) di kantor Wali Kot Singkawang.

– Senam Massal 2.100 peserta, Jumat (14/10/2022) di kantor Wali Kota Singkawang

– Apel Peringatan Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang ke-21, Senin (17/10/2022) di kantor Wali Kota Singkawang

– Pesta Rakyat, Senin (17/10/2022) di halaman kantor Wali Kota Singkawang

– Donor Darah, 24-28 Oktober 2022 di PMI Singkawang.

Kota Pontianak

Pontianak dalam kehidupan ketatanegaraan semenjak zaman penjajahan Belanda, zaman penjajahan Jepang serta zaman kemerdekaan dengan berbagai variasinya tetap merupakan pusat Pemerintahan Kalimantan Barat.

Hari ulang tahun (HUT) Kota Pontianak jatuh pada tanggal 23 Oktober. Tahun ini, Pontianak telah memasuki usia ke-251 dengan mengusung tema Pontianak Kuat Pontianak Hebat.

Pemerintah Kota Pontianak juga telah mempersiapkan sedemikian rupa diantaranya menggelar rapat persiapan upacara peringatan HUT ke-251 Kota Pontianak.

Pada rapat yang dihadiri segenap pihak terlibat, mulai dari Kepala Perangkat Daerah dan Event Organizer serta Kesultanan itu, dibahas beberapa hal mulai dari rangkaian acara menuju puncak, rencana menggelar pameran serta persiapan keamanan menjelang Hari H.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, dilansir pontianakkota.go.id., menyebut bahwa dirinya telah meminta pihak penyelenggara untuk memperhatikan secara detail setiap agenda. Dia mengajak untuk mempertimbangkan efisiensi waktu tanpa melupakan esensi maupun makna perayaan.

“Lalu kita gaungkan di upacara ini supaya lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya usai Rapat Koordinasi Persiapan HUT ke-251 Kota Pontianak, di Ruang Rapat Wali Kota, Senin (10/10/2022).

Sebelumnya, Pemkot Pontianak sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) Walikota dalam upaya menyemarakkan HUT kota, seperti penggunaan Baju Melayu (Kurung) serta pemasangan umbul-umbul dan manggar bagi instansi maupun perusahaan yang ada di Kota Pontianak.

Edi lalu mengimbau instansi swasta seperti hotel, restoran dan lainnya untuk memberikan diskon bagi masyarakat dengan waktu yang telah ditentukan.

“Bisa dengan memberikan voucher atau promo, tujuannya agar masyarakat merasakan keramaian serta semarak sebelum hari puncak,” terangnya.

Tidak kalah pentingnya bagi Edi yaitu melibatkan UMKM untuk hadir saat puncak perayaan. Dia menuturkan nantinya akan disiapkan beberapa kedai UMKM yang menjual makanan maupun minuman untuk memenuhi tenda-tenda di Jalan Rahadi Usman, 23 Oktober mendatang.

“Karena berkaitan dengan konsumsi, untuk peserta kita siapkan tenda konsumsi yang ada di Alun Kapuas dan di Pomdam. Model, jenis dan cara makan juga perlu dipertimbangkan. Yang jelas harus layak, sopan dan higienis,” ungkap dia.

Segenap rentetan kegiatan layaknya tahun-tahun sebelumnya akan lebih disemarakkan. Edi melanjutkan, yang sifatnya simbolis seperti ziarah kubur, tahlil hingga upacara peringatan, rencananya tetap dilaksanakan. Tidak lupa kata dia, adalah berjepin massal.

“Di sana para tamu dan masyarakat berbaur untuk berjepin, melambangkan perayaan dan kebersamaan Kota Pontianak. Serta memaknai hari jadi dengan semangat perubahan, layaknya keberanian Sultan Syarif Abdurrahman kala itu,” tuturnya.

Seluruh ASN di Kota Pontianak dihimbau untuk turut meramaikan puncak perayaan Hari Jadi yang akan diselenggarakan pada Hari Minggu tersebut. Segenap guru juga diminta Edi hadir sebagai bentuk kolektivitas antar aparatur.

Di tahun ini, sebagai momentum kebangkitan, Pemkot Pontianak berkolaborasi dengan Kesultanan Kadriah bersama-sama mengangkat kembali kesejahteraan warga, khususnya di sektor ekonomi dengan lebih memeriahkan HUT ke-251 Kota Pontianak. Edi menyebut kolaborasi ini mampu mempersatukan masyarakat serta upaya recovery usai pandemi.

“Seperti harapan kita bersama, semoga momentum HUT memberikan makna dan kesan yang mendalam, tidak hanya untuk warga yang lahir, tapi juga yang sekarang sedang menetap di Kota Pontianak,” pungkasnya.

11 Kota Rayakan Hari Jadi pada Bulan Oktober

Berikut  kota-kota di Indonesia yang merayakan hari jadinya di bulan Oktober, yakni:

1. Kota Langsa (Aceh), 17 Oktober 2001
2. Kota Padang Sidempuan (Sumatra Utara), 17 Oktober 2001
3. Kota Sungai Penuh (Jambi), 8 Oktober 2009
4. Kota Lubuklinggau (Sumatra Selatan), 17 Oktober 2001
5. Kota Prabumulih (Sumatra Selatan), 17 Oktober 2001
6. Kota Tasikmalaya (Jawa Barat), 17 Oktober 2001
7. Kota Batu, 17 Oktober 2001
8. Kota Pontianak (Kalimantan Barat), 23 Oktober 1771
9. Kota Singkawang (Kalimantan Barat), 17 Oktober 2001
10. Kota Bontang (Kalimantan Timur), 12 Oktober 1999
11. Kota Baubau (Sulawesi Tenggara), 17 Oktober 2001

Demikianlah, hari jadi suatu kota sangat penting serta bermakna bagi warga masyarakatnya maupun bagi kota itu sendiri.

 

 

Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.