Ancang-ancang Perebutan Kursi Walikota Singkawang 2024 di Lumbung Suara

by -649 views
singkawang memilih di pilwako 2024
Flyer pemilihan Wali Kota (Pilwako) Singkawang 2024. (Grafis: reaktifnews.com)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Partai politik di Kota Singkawang khususnya mulai ancang-ancang untuk menghadapi pemilihan kepala daerah dalam panggung Pilkada serentak November 2024 di wilayah yang menjadi lumbung suara. Kecamatan Singkawang Tengah adalah salah satunya.

Singkawang Tengah jadi magnet karena memiliki jumlah pemilih terbesar dari seluruh Kecamatan lain di Kota Singkawang dengan jumlah 50.434 pemilih. Disusul kemudian Kecamatan Singkawang Selatan dengan jumlah pemilih yakni 40.208 pemilih. Dapat diproyeksikan bahwa dapil Singkawang Tengah dan Singkawang Selatan merupakan daerah yang cukup potensial guna mengantarkan sosok pemimpin yang akan mengendalikan jalannya pemerintahan Kota Singkawang hingga 2029 mendatang.

Pengalaman pilkada-pilkada sebelumnya, siapapun yang menjadi walikota di Singkawang selalu menjadi perhatian publik di percaturan kepemimpinan Kalimantan Barat. Nama Awang Ishak dan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Abdul Muthalib misalnya, menjadi sosok paling moncer yang lahir dari kontestasi politik di Kota Singkawang.

Bahkan H Abdul Muthalib bisa dibilang politikus lokal yang paling berhasil saat ini di Kota Singkawang. Dia pernah menjabat sebagai wakil walikota Singkawang periode 2012-2017, selain itu pria yang kerap disapa Haji Doel ini juga selalu menjadi langganan tetap dan terbilang sulit untuk dibendung dalam persaingan kursi legislatif DPRD Singkawang khususnya dari dapil Singkawang Tengah.

Menariknya, Pilkada 2024 di Kota Singkawang juga berpotensi menghadirkan kembali pertandingan politik yang cukup keras. Hal ini jika melihat hasil sementara pemilihan legislatif 2024 yang menunjukkan setidaknya 3 partai mengalami peningkatan suara di basis politik mereka.

Sebut saja Partai Amanat Nasional (PAN) dari 1 kursi menjadi menjadi 4 kursi, partai Gokar mendapat tambahan 1 kursi dari pileg sebelumnya 2 kursi dan menjadi 3 kursi, serta PKB yang di 2014 mendapat 4 kursi kemudian 3 kursi pada 2019 dan berjaya dengan raihan 5 kursi pada 2024.

Sementara partai PDIP sebagai partai penguasa di Kota Singkawang dengan 6 kursi di pemilihan legislatif Singkawang kemudian bertahan pada 2014 dan 2019 dengan raihan 5 kursi.

PKB mulai bidik calon pemimpin di Pilkada 2024

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyampaikan telah menyiapkan puluhan sosok calon pemimpin daerah yang bakal berlaga di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Saat ini, PKB sudah mengantongi nama-nama tersebut dan akan segera diumumkan ke publik dalam waktu dekat.

“PKB sedang nge-list beberapa figur, kami sudah menemukan sekitar 35 figur yang sudah kami list,” kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda dalam konferensi pers di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

Huda mengatakan 35 nama calon pemimpin daerah yang sudah dikantongi itu adalah kader yang akan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Puluhan nama itu dibidik memimpin di tingkat kota/kabupaten hingga provinsi.

“Ada yang level provinsi, ada yang level kota-kota besar. Karena termasuk PKB membidik pilkada wali kota, kabupaten besar di Indonesia ini yang akan menjadi ruang konsolidasi bagi agenda perubahan Indonesia dari daerah,” tuturnya.

Ia melanjutkan, puluhan nama itu belum bisa diungkap ke publik hingga saat ini. Setidak-tidaknya, hal itu bakal diungkap ke publik setelah pengumuman pemenang pilpres 2024 yang akan disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada pertengahan Maret 2024 nanti.

“Ya, kita lihat perkembangannya, ya. Nanti kita bocorin dikit-dikit,” ujarnya. (tim/top)

No More Posts Available.

No more pages to load.