Cek Real Count Pemilu 2024 dari KPU

by -2,918 views
hasil hitung pemilu legislatif kota singkawang 2024 versi kpu
Hasil hitung pemilu legislatif kota Singkawang 2024 versi KPU pada Kamis (15/2), Pukul: 15.41 WIB. (Foto: infopemilu.kpu.go.id)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyajikan data real count Pemilu 2024.

Data real count yang tersedia ada untuk Pilpres, Pileg DPR, Pileg DPRD Provinsi, Pileg DPRD Kabupaten/Kota, dan Pemilu DPD. Real count di situs KPU melansir dapat diakses melalui infopemilu.kpu.go.id secara bebas bagi publik.

Hingga saat ini, KPU masih tengah melakukan rekapitulasi suara pada periode waktu 15 Februari hingga 20 Maret 2024. Hasil quick count bukan merupakan hasil resmi. Hasil sah perhitungan suara akan diumumkan setelah penghitungan, yakni paling lambat tanggal 20 Maret 2024.

Hal ini pun dijelaskan dalam laman Info Publik Pemilu 2024 oleh KPU. Laman yang memuat hasil hitung cepat sementara tersebut menjelaskan bahwa hasil penghitungan suara di TPS dengan tujuan untuk memudahkan akses informasi publik.

Penghitungan suara yang dilakukan oleh KPPS, rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu, akan dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh PPK, KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi dan KPU berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara menurut Pasal 413 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara Pasangan Calon, perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPR, dan perolehan suara untuk calon anggota DPD paling lambat 35 (tiga puluh lima) hari setelah pemungutan suara.

Pada KPU Provinsi, menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPD provinsi paling lambat 25 (dua puluh lima) hari setelah pemungutan suara. Kemudian KPU Kabupaten/Kota menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD kabupaten/kota paling lambat 20 (dua puluh) hari setelah hari pemungutan suara. (top/tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.