Ini Maskapai Lokal Favorit Warga Indonesia, Apa Saja?

by -3,125 views
ilustrasi penerbangan maskapai
Ilustrasi penerbangan di Bandara Singkawang. (tim/reaktifnews)

SINGKAWANG, Reaktifnews.com – Pesawat menjadi salah satu transportasi umum yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, baik itu tujuan domestik maupun internasional. Salah satu alasannya karena waktu tempuh menggunakan pesawat lebih cepat.

Nah, ada berbagai maskapai penerbangan lokal yang mengudara saat ini, sebut saja Garuda Indonesia, Lion Air, hingga Citilink. Dari sekian banyak nama, ada yang dinobatkan menjadi maskapai favorit warga RI, lho!

Penasaran, apa maskapai favorit warga Indonesia? Simak daftarnya dalam artikel ini.

Maskapai Favorit Warga Indonesia

Mengutip laman survei platform online Jakpat, maskapai favorit masyarakat Tanah Air adalah Garuda Indonesia dengan persentase 74,7%. Lalu, di urutan kedua ada Citilink dengan perolehan 39,1%.

Lion Air masuk ke dalam daftar tiga besar maskapai favorit warga Indonesia dengan meraih 29,8% suara. Kemudian di posisi keempat ada Batik Air dengan persentase 29,3%.

Sebagai informasi, survei yang dilakukan oleh Jakpat dilakukan pada 21 November 2022 dengan melibatkan 396 responden. Jenis pertanyaannya adalah multiple answer, sehingga responden bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Survei sendiri dilakukan lewat aplikasi Jakpat Apps. Sayangnya, belum ada survei terbaru dari Jakpat maupun lembaga survei lainnya mengenai maskapai favorit masyarakat Indonesia di 2024.

Berikut daftar lengkap maskapai favorit warga Indonesia berdasarkan hasil survei Jakpat:

  1. Garuda Indonesia dipilih 74,7% responden
  2. Citilink dipilih 39,1% responden
  3. Lion Air dipilih 29,8% responden
  4. Batik Air dipilih 29,3% responden
  5. Air Asia dipilih 26,8% responden
  6. Sriwijaya Air dipilih 20,5% responden
  7. Super Jet Air dipilih 11,4% responden

Alasan Garuda Indonesia jadi Maskapai Favorit

Wajar saja kalau Garuda Indonesia menjadi maskapai favorit masyarakat Tanah Air. Sebab, sudah bertahun-tahun maskapai pelat merah itu mendapat sejumlah penghargaan bergengsi di dunia penerbangan.

Pada 2023, Garuda Indonesia meraih predikat “The World’s Best Airline Cabin Crew 2023” atau penghargaan awak kabin terbaik di dunia dalam ajang World Airline Awards. Ajang tersebut digelar oleh Skytrax, yaitu sebuah lembaga independen pemeringkatan penerbangan berbasis di London, Inggris.

Penghargaan tersebut menjadi yang keenam kalinya diterima oleh Garuda Indonesia. Sebelumnya, maskapai yang identik dengan kelir biru dan putih itu meraih predikat awak kabin terbaik secara berturut-turut dari 2014 sampai 2018.

Tak hanya itu, Garuda Indonesia juga dinobatkan sebagai maskapai global paling tepat waktu di 2022. Sebelumnya, Garuda juga meraih penghargaan yang sama di 2019, namun saat itu mereka berada di urutan kedua.

Mengutip data Punctuality League 2023 oleh OAG Flight View, Garuda Indonesia meraih capaian tingkat ketepatan waktu sebesar 95,3%. Garuda berhasil mengalahkan sejumlah maskapai terkenal, seperti All Nippon Airways (ANA), Japan Airlines, Etihad Airways, hingga Emirates.

Itu dia daftar maskapai lokal favorit warga Indonesia. Adakah maskapai itu yang kamu gunakan dan nantinya mengudara di Bandara Singkawang? (TIM-RN)

No More Posts Available.

No more pages to load.