Kalibrasi Bandara Singkawang Jelang Operasi Komersial Awal 2024

by -6,428 views
pesawat kalibrasi turboprop dan petugas kalibrasi
Foto: Pesawat kalibrasi bermesin turboprop dan pemeriksaan oleh petugas berdasarkan rekomendasi dan peraturan Dirjen Penerbangan Sipil (Dirjen Perhubungan Udara) dan ICAO Doc 8071-Lampiran 10 tentang pemeriksaan penerbangan. (flightcalibration.co.id/RN/tim)

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Pemkot Singkawang bersama Forkopimda telah melakukan rapat koordinasi persiapan tes kalibrasi Bandara Singkawang, Senin (22/1/2024). Rapat dimaksud sekaligus kesiapan menyambut pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dijadualkan akan melakukan proses kalibrasi Bandara Singkawang melalui Ditjen Perhubungan Udara pada Rabu (24/1/2024).

Tahapan kalibrasi Bandara Singkawang merupakan salah satu syarat standar yang harus dipenuhi sebelum diizinkan beroperasi secara komersial termasuk bagi bandara-bandara baru lain. Proses tersebut juga menyangkut tahap pengkajian terkait keamanan dan keselamatan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah masalah komersil.

Setelah kalibrasi dan penilaian akhir keselamatan dan keamanan dilalui, baru nantinya pihak dari Menteri Perhubungan menyatakan memberikan atau menunda rekomendasi.

Selanjutnya, jika rekomendasi Bandara Singkawang didapat, nantinya bisa menjalin kemitraan business-to-business (b2b) dengan maskapai penerbangan.

Nah, barulah maskapai penerbangan swasta akan membuka penerbangan kemana-mana, memasarkannya dan peresmiannya akan dilakukan setelah penumpang dalam jumlah tertentu sudah ditemukan.

Kesimpulannya, setelah proses kalibrasi akan dilanjutkan kegiatan pra operasional, khususnya melakukan uji coba take off dan landing beberapa pesawat.

Informasi yang dihimpun reaktifnews.com menyebut, beberapa pejabat teras diperkirakan akan kembali melihat langsung kesiapan Bandara Singkawang mulai dari pemeriksaan terminal VIP Gedung Terminal Penumpang (PTB), pengamatan pesawat mulai dari tahap kalibrasi dari apron hingga Verifikasi pintu masuk bandara. (tw/tim/RN)

No More Posts Available.

No more pages to load.